Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA
Abstract
Abstract: Problem based learning is a learning model that focuses on students and is contextual in nature. Students are directly involved in finding a solution to a problem, so that the model is able to improve high-level thinking skills. The purpose of this study is to see the effect of the problem based learning model on high-level thinking skills of high school students. The research design applied was quasi experiment. The subjects in this study consisted of two classes namely class XI MIPA 4 as ekpeimmen class and XI Language as control class. The study was conducted at MAN Kota Batu in 2019. The data analysis used is the independent sample t-test which shows the effect that is proven by the significance of <0.05 that is 0,000 so that the two variables are declared influential.
Abstrak: Problem based learning merupakan model pembelajaran yang berfokus kepada siswa dan sifatnya kontekstual. Siswa terlibat langsung untuk mencari jalan keluar suatu masalah sehingga model tersebut mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI Bahasa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan di MAN kota Batu pada tahun 2019. Analisis data yang dipergunakan adalah uji independent sample t-test yang menunjukkan adanya pengaruh yang dibuktikan dengan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 sehingga dari kedua variabel dinyatakan berpengaruh.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Treffinger. Educational Technologia, 1(2), 136–144.
Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh Model RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128
Kurniati, D. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP, 20(2), 142–155.
Marliana, M. (2017). Peningkatan Higer Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Pulau Laut Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Miswar, D., & Yarmaidi, E. S. (2016). Perbedaan Penerapan Model Problem Based Learning pada Hasil Belajar Geografi. Yogyakarta: Media Akademi.
Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 19(2), 1–14. https://doi.org/10.21009/plpb.192.01
Pramono, S. E. (2012). Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah melalui Metode Pemecahan Masalah dan Diskusi. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2124
Pramono, S. E. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1391—1397. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11738
Purwanto, W., Djatmika, E. T., & Hariyono. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1700–1705.
Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Numbered Heads Together terhadap Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 440–447.
Sujiono, Budi Handoyo, I. N. R. (2018). Memecahkan Masalah Geografi melalui Problem Based Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 66–72. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p072
Sumarmi, S. (2015). Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Widyaningsih, S., & Rosidi, I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Plantae. Jurnal Pena Sains, 2(2), 112–119.
Zainuddin, M., Budijanto., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2359–2364.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Azni Fajrilia, Budi Handoyo, Dwiyono Hari Utomo
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |