Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi Bermuatan Nilai-nilai Kehidupan

Anggun Margaretha S. P, Imam Agus Basuki, Titik Harsiati

Abstract


Abstract: This development research aims to produce teaching material products to write fantasy stories filled with life values for middle school students and test the effectiveness of the product. The research method using this 4-D model consists of four stages, namely (1) define, (2) design, (3) development, and (4) disseminate. The results of the feasibility test for the book contents 83%, the feasibility of presenting the book 86%, the feasibility of the book language 86%, and the feasibility of graphic book 85%. The product effectiveness test results are known to be p = 0.000 (p <0.01). Therefore, the product is feasible to implement.                                            

Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis cerita fantasi bermuatan nilai-nilai kehidupan untuk siswa SMP dan menguji keefektifan produk. Metode penelitian menggunakan model 4-D ini terdiri atas empat tahap, yaitu (1) define, (2) design, (3) development, dan (4) disseminate. Hasil uji kelayakan isi buku 83%, kelayakan penyajian buku 86%, kelayakan bahasa buku 86%, dan kelayakan kegrafisan buku 85%. Hasil uji keefektifan produk diketahui nilai p = 0.000 (p < 0.01). Dengan demikian, produk bahan ajar dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik.

Keywords


writing; fantasy stories; teaching materials; life values; menulis; cerita fantasi; bahan ajar; nilai-nilai kehidupan

Full Text:

PDF

References


Anugraheny, R., Hasanah, M., & Siswanto, W. (2019). Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Bermuatan Nilai-Nilai Kenabian untuk Siswa MTs Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 206–212.

Daryanto dan Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, H. G., & Suwignyo, H. (2018). Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai Kehidupan. 1032–1038.

Firdian, F., & Maulana, I. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Matakuliah Aplikasi Software. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 822–828.

Jannah, E. M. N., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2019). Analisis Nilai-nilai Karakter Hasil Karya Menulis Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 149–155.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 100–106.

Khoirotunnisa, R. P., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bermuatan Nilai Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(8), 238–244.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Perwitasari, S. W. S. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2014), 278–285.

Pratama, F. Y., Pratiwi, Y., & Andajani, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Cinta Lingkungan dengan Strategi Pemodelan untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 448–462.

Priyatni, E. T. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks. Makalah Disajikan dalam Kegiatan Prapasca, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Malang, 15 Agustus 2015.

Pujiono, S. (2013). Terampil Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Romadhon, S. D., & Basuki, I. A. (2018). Bahan Ajar Menulis Artikel Opini dengan Metode Pembelajaran Curah Gagasan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 215–222.

Sitepu. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wening, S. (2012). The Nation’s Character Building Through Value Education. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.21831/JPK.V0I1.1452




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anggun Margaretha S. P, Imam Agus Basuki, Titik Harsiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License