Modul Pembelajaran Analisis Karakter Morfologi, Anatomi, dan Agronomi Kedelai Berbasis PjBL untuk Siswa SMK Pertanian

Made Dedi Agustinus, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to examine the feasibility learning module of analyzes the morphological, anatomical and agronomical characteristics of soybeans based on PjBL for students of Vocational High School/SMK PP Negeri Kupang related to analysis of potential ratios and heterosis of F1 soybeans as a result of crossing Burangrang varieties. The development model uses ADDIE which consists of five stages, that is analyze, design, develop, implement, evaluate by Branch. Modules developed were assessed for their feasibility by validators of material experts, resource experts and practitioners in school. The results of the study indicate that the modules developed are categorized as very valid and feasible for use in the learning process.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menguji kelayakan modul pembelajaran analisis karakter morfologi, anatomi, dan morfologi kedelai berbasis PjBL untuk siswa SMK PP Negeri Kupang berdasarkan penelitian analisis nisbah potensi dan heterosis F1 kedelai hasil persilangan varietas Burangrang. Model pengembangan menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, develop, implement, evaluate oleh Branch. Modul yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh validator ahli materi, ahli media dan praktisi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan berkategori sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


learning module; soybean; vocational student; modul pembelajaran; kedelai; siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Modul. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5), 393–400.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akhiruddin., Susilo, H., & Ibrohim. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Inkuiri Dipadu PjBL Berbahan Ajar Potensi Lokal terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1964—1968.

Apri, S., & Marwoto. (2011). Hubungan antara Trikoma dan Intensitas Kerusakan Daun dengan Ketahanan Kedelai terhadap Hama Kutu Kebul (Bemisia tabaci). In Seminar Nasional Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Balitkabi. Malang.

Baker, E., Trygg, B., Otto, P., Tudor, M., & Ferguson, L. (2011). Project-Based Learning Model Relevant Learning Relevant Learning for the 21 st Century Project-based Learning Model. Columbia: Pacific Education Institute.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Bussines Media, LLC.

Division, E. T. (2006). Project-Based Learning Handbook “Educating the Millennial Learner.” Kuala Lumpur: Communications and Training Sector Smart Educational Development Educational Technology Division Ministry of Education.

Faot, M. M., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2016). Pengembangan Modul Teknik Budidaya Tanaman Kedelai sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1421–1426.

Hanafi, I. (2012). Re-Orientasi Keterampilan Kerja Lulusan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021

Kemendikbud. (2017a). Analisis Materi Pelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kemendikbud. (2017b). Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2016/2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kwietniewski, K. (2017). Literature Review of Project Based Learning. State University of New York.

Latifah, L. (2018). Analisis Kelayakan Penyajian Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/SMK Kelas X Edisi Revisi 2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurrohman, E., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2012). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 1003–1007.

Paulina Dewi, R., Rohman, F., & Zubaidah, S. (2016). Hubungan Preferensi Bemisia Tabaci terhadap Ketahanan Berbagai Galur Harapan Dan Varietas Kedelai (Glycine Max L. Merill) Tahan CPMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) sebagai Bahan Ajar Pengendalian Hama Tanaman. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1517–1522.

Pusdatin. (2016). Outlook Komoditas Pertanian Tanaman Pangan Kedelai. Jakarta.

Sa’diyah, N., Akin, H. M., Putri, R., Jamil, R., & Barmawi, M. (2017). Heritabilitas, Nisbah Potensi, dan Heterosis Ketahanan Kedelai (Glycine max [L.] Merrill) terhadap Soybean Mosaic Virus. Jurnal Hama dan Penyakit Tumbuhan Tropika, 16(1), 17–24. https://doi.org/10.23960/j.hptt.11617-24

Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 518–523.

Samsudi. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Program Produktif SMK untuk Membentuk Karakter Kewirausahaan Lulusan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 307–314.

Santyasa, I. W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. In Pelatihan Bagi Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Setiawan, T. A., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2016). Morfologi Galur-Galur Harapan Kedelai Tahan CPMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) sebagai Sumber Belajar Biologi. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 363–368.

Suhartono, R., & Soeharto. (2014). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membubut Mata Pelajaran Kerja Mesin Lanjut menggunakan Model Praktik Berpasangan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2535

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). The Teaching and Learning of Automotive Electrical. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 112–120.

Swandhana, K. (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(3), 161–169.

Tahlim, S., & Swastika, D. K. (2013). Ekonomi Kedelai di Indonesia. In Kedelai Teknik Produksi dan Pengembangan (pp. 1–27).

Wardhani, D. K., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2017). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian Pengaruh Konsentrasi Giberelin terhadap Keragaan Galur-Galur Kedelai Tahan CpMMV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1596–1602.

Wijaya, I., Zubaidah, S., & Kuswantor, H. (2016). Anatomi Daun Galur-Galur Harapan Kedelai (Glycine Max L. Merill) Tahan CPMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 463–467.

Windriyas, W. N. (2014). Analisis Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMK Kelas X Diklat Keahlian Bisnis dan Manajemen dalam Pengembangan Kurikulum 2013 di SMK Widya Praja Ungaran. Economic Education Analysis Journal, 3(3), 594–602.

Woro, S. (2015). The Strengths and Weakness of the Implementation of Project Based Learning. International Jornal of Science and Research (IJSR), 4(3), 478–484.

Yulyantari, L. M. (2017). Penilaian Essai Menggunakan Rubrik Penilaian. In Konferensi Nasional Sistem & Informatika STMIK STIKOM (pp. 368–372). Denpasar: STIKOM Bali.

Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad Ke-21: Bagaimana Membelajarkan dan Mengaksesnya. In Tantangan Biologi dan Pendidikan Biologi Abad-21. Riau: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau.

Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2017). Foliar Symptoms Recovery: Developing Scoring Technique for Assessment of Soybean Resistance to CPMMV (Cowpea Mild Mottle Virus). Journal of Biological Researches, 21(2), 85–89. https://doi.org/10.23869/bphjbr.21.2.20167




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Made Dedi Agustinus, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License