Kemitraan Sekolah dan Madrasah Diniyah sebagai Sistem Full Day School untuk Penyelenggaraan Pendidikan Karakter di SMA dan SMP

Saidah Saidah, Nurul Ulfatin, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Abstract: This study purpose was to discribe (1) character building expected by the school (2) Madrasah Diniyah is the school partner for character building, (3) Full day school through school partnerships and Madrasah diniah for character building. A qualitative approach to the study design multy case used this study. There are three techniques used to collecting data using in-depth interview techniques, observation and documentation. There are two data analysis includes data analysis of individual case and cross case data analysis. The findings of this study were (1) Character building expected by the school includes varoius types of character building dan products of character building, (2) Madrasah Diniyah is the school partner for character building includes curriculum objectives, organizational structure, learning systems, and (3) Full Day School through school partnerships and Madrasah diniah for character building  includes forms of cooperation, personnel structure, partnership tasks.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pendidikan karakter yang diharapkan sekolah, (2) Madrasah Diniyah yang menjadi mitra sekolah untuk pendidikan karakter, dan (3) Full Day School melalui kemitraan sekolah dan Madrasah diniyah untuk pendidikan karakter. Pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus digunakan dalam penelitian ini. Ada tiga teknik dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Ada dua analisis data meliputi analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Temuan penelitian ini, meliputi (1) pendidikan karakter yang diharapkan sekolah meliputi macam-macam pendidikan karakter dan produk pendidikan karakter, (2) Madrasah Diniyah yang menjadi mitra sekolah untuk pendidikan karakter, meliputi tujuan kurikulum, struktur organisasi, sistem pembelajaran, dan (3) Full Day School melalui kemitraan sekolah dan Madrasah Diniyah untuk pendidikan karakter, meliputi bentuk kerjasama, susunan personalia, dan tugas kemitraan.

Keywords


school partnerships; madrasah diniyah; full day school; character building; kemitraan sekolah; madrasah diniyah; full day school; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Abdillah. (2010). Merancang Perpustakaan Islam yang Menarik dengan Mengintegrasikan Kandungan Prinsip Q.S. Al- Alaq1-5. Tesis tidak diterbitkan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

Aini, N., & Suyanto, T. (2018). Tanggapan Masyarakat tentang Adanya Kebijakan Program Wajib Madrasah Diniah di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 6(3), 822—836.

Akbar, S. (2011). Pendidikan Karakter Bangsa melalui Pendekatan Menyeluruh. BEM FIP. Universitas Negeri Malang, Malang.

Amiruddin. (2011). Penyelenggara Madrasah Diniah di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Al-Qalam, 17(2), 296—305.

Arifin, I. dkk. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembiasaan dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan (JAMP), 1(2), 238—244.

Astuti, M. (2013). Implementasi Program Full Day School sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 133—140.

Bigdan, R. C., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Eliyawati, P. (2007). Full Day School. Jakarta: Rineka Cipta.

Haningsih, S. (2008). Peran Strategi Pesantren Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam: El-Tarbawi. 1(1), 27—39.

Harjaningrum, M. (2007). Half Day School dan Full Day School Tinjauan Psikologi. Surabaya: Usaha Nasional.

Istyani, D. (2017). Ekstensi Madrasah Diniyah (Madin) sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam di Indonesia. Edukasia Islamika, 2, 147—165.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3) 280—289.

Marannu, B. (2017). Pesona Kurikulum SMP Islam Terpadu “Al-Qala” Kota Kendari. Jurnal Pusaka, 5(2), 1—2.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasir, M. (2015). Kurikulum madrasah: Studi Perbandingan Madrasah di Asia. Nadwa. Jurnal Pendidikan Islam, 2(9) 23—31.

Patoni, A. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Ilmu.

Peraturan Bupati Nomor 21 tahun 2016 tentang Wajib Belajar Pendidikan Madrasah Diniah dan Takhassus Diniah.

Peraturan Daerah kabupaten Pasuruan Nomor 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Pasuruan.

Peraturan Pemerintahan Daerah Nomor 36 tahun 2007 tentang Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) bagi Peserta Didik yang Beragama Islam.

Rahman, K. A. (2012). Peningkatan Mutu Madrasah melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 227—246.

Romli, M. (2004). Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Full Day School. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.

Rosyadi, dkk. (2013). Kebijakan Pemerintah Daerah tentang Wajib Belajar Madarasah Diniyah Awaliyah di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pendidikan Islam (Ta’dibuana), 2(1), 1—16.

Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhabuddin Al-Zarnuji. Journal of Education, 14(1), 1—12.

Sudrajat, A. (2001). Mangapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47—58.

Sujianto, A. E. (2015). Penerapan Full Day School dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Ta’lim, 28(2).

Syahr, Z., & Haningsih, A. (2016). Membentuk Madrasah Diniyah sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim bagi Masyarakat. Jurnal Intizar, 22(2), 39—-414.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yin, R. K. (994). Case Stusy Research: Design and Methods. London: Sage Publications. Inc

Wiyani, N. A. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter Pedagogik. Yogyakarta: Ar-Ruzz.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Saidah Saidah, Nurul Ulfatin, Burhanuddin Burhanuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License