Penerapan Model Induktif Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Angelina C. O. R. Lake, Muakibatul Hasanah, Furaidah Furaidah

Abstract


Abstract: This research aimed to increase the beginning reading skills of first grade students of SD Inpres 2 Oepura Kupang by using inductive model of picture words. The student achievement was measured by using reading test and observation. The results showed that the use of the inductive model of picture words could increase the beginning reading skills of the students

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran dan peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan model induktif kata bergambar siswa kelas I SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Oepura 2 Kupang-NTT. Peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa melalui model induktif kata bergambar diukur menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model induktif kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.

Keywords


inductive model; pictorial words; preparatory reading skills; model induktif; kata bergambar; keterampilan membaca permulaan

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 42—52.

Baharun. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal

Pendidikan Pedagogik, 01(01), 34—46.

Erman. (2008). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare (Jurnal Pendidikan dan Budaya), 5(2),

—32.

Gina, A. M., Iswara, P. D., & Jayadinata, A. K. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model PWIM (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IV B SD Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 141—150.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iswara, P. D. (2018). Pengembangan Materi Ajar dan Evaluasi pada Keterampilan Mendengarkan dan Membaca. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89—97. 10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359

Jiang, P., & Perkins, K. (2013). A Conceptual Paper on the Picture Word Inductive Model Using Bruner’s Constuctivist View of

Learning and the Cognitive Load Theory. Interdisciplinary Journal of Teaching and Learning, 3(1), 8—17.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching: Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Mustikowati, D., Wijayanti, E., & Darmanto, J. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar

dengan Permainan Kata Bersambut. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 39—42.

http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.5

Nopriyanti, L. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak melalui Metode Fonik di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia

Bukittinggi. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(1), 1—10.

Patty, R. (2015). Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Jurnal

Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), 24(2), 172—179.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar.

Jurnal Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), 26(1), 69—76.

Putra, N. A. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online (JKO), 2(4), 230—242.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhrianati. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Pembelajaran Kartu

Bergambar Siswa Kelas Satu. Jurnal Sagacious, 3(1), 37—42.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Angelina C. O. R. Lake, Muakibatul Hasanah, Furaidah Furaidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License