Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa

Desy Triana Dewi Harizah, Sumarmi Sumarmi, Syamsul Bachri

Abstract


Abstract: This study intended to describe out the success of PjBL. This quasi-experimental research uses a test given before and after being given different treatments in the two classes. Data obtained from questions, questionnaires, and documentation. Researchers use t-test to describe the hypothesis.  The conclusion of this research PjBL can develop creativity and improve student achievement as proven by the ability to solve problems and the student’s scores that reached KKM.

Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan sejauh mana keberhasilan PjBL. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan test yang diberikan secara bertahap sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang berbeda di kedua kelas. Data didapatkan melalui soal, angket dan dokumntasi. Peneliti menggunakan uji-t untuk mendeskripsikan hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini berupa model PjBL dapat mengembangkan kreativitas dan meningkatkan capaian siswa, yang dibuktikan melalui kemampuan memecahkan masalah serta nilai siswa mencapai KKM.


Keywords


project based learning; creativity; geography learning outcomes; project based learning; kreativitas; hasil belajar geografi

Full Text:

PDF

References


Ayuna, Q. (2015). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru Mata Pelajaran Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 1. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.314

Ahmadi, N., & Besançon, M. (2017). Creativity as a Stepping Stone towards Developing Other Competencies in Classrooms. Education Research International, 2017, 1–9. https://doi.org/10.1155/2017/1357456

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas,

Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi,

(1), 25-35.

Khanifah, L. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning dan Keterampilan Kolaborasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(1), 900. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(03), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Patmalasari, A., & Resbiantoro. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30-38.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60-71.

Sarmini, Prasetya, K., & Nadiroh, U. (2018). Urgency of Increasing the Quantity and Quality of Student Creativity Program. Journal of Physics: Conference Series, 953, 012193. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012193

Setyaningrum, T. W., Rahayu, E. S., & Setiati, N. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Miniatur Ekosistem Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Ekologi Pada Siswa SMA. Journal of Biology Education, 4(3), 290-297.

Solikha, N., Suchainah., & Rasyida, I. (2020). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31-42.

Sucipta, N. P. E., Candiasa, I. M., & Sukajaya, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP PGRI 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(2), 131-141.

Sunardi., Ihwanudin, M., & Fitrianto, F. D. (2015). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Proyek: Inovasi untuk Meningkatkan Kesesuaian Kompetensi Produktif di SMK dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM 2015.

Soesilo, T. D. (2014). Pengembangan Kreativitas Melalui Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Utami, P. R., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. BIOPEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi, 4(1), 46-52.

Widiyaningrum., & Harnanik. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kreativitas Belajar Siswa Kelas XII Pemasaran pada Pembelajaran Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 729-735.

Wu, Mhinxang. (2018). Cultivating Student Creativity- A Qualitative Study of Outstanding Students of Yogyakarta State University. 8(1), 1-4. DOI: 10.5923/j.edu.20180801.01

Yuniharto, B. S., & Susanti, M. M. I. (2019). Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas IIIA SDN Maguwoharjo 1

melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 22-32.

Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan melalui Pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Desy Triana Dewi Harizah, Sumarmi Sumarmi, Syamsul Bachri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License