Implementasi Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Metode Montessori

Ni Made Sri Laksmi, I Made Suardana, Imron Arifin

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to describe the implementation of learning and assessment based on the Montessori method in the Girikarnika Montessori Preschool. Research shows that the implementation of learning and assessment based on the Montessori method at the Girikarnika Montessori Preschool is adjusted to the basic principles of the Montessori method. These basic principles are (1) Montessori views that every child is unique; (2) Montessori builds self-confidence, discipline, independence, and appreciates differences; (3) Montessori is a method that makes the child the center; (4) Montessori is education that involves all senses and body movements; (5) Montessori encourages responsible freedom; (6) Montessori applies cross-age classes.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran dan penilaian berbasis metode Montessori di Girikarnika Montessori Preschool.  Penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dan penilaian berbasis metode Montessori di Girikarnika Montessori Preschool disesuaikan dengan prinsip-prinsip dasar metode Montessori. Prinsip-prinsip dasar tersebut, meliputi (1) Montessori memandang bahwa setiap anak unik; (2) Montessori membangun kepercayaan diri, disiplin, kemandirian, dan menghargai perbedaan; (3) Montessori adalah metode yang menjadikan anak sebagai pusatnya; (4) Montessori adalah pendidikan yang melibatkan semua indra dan gerakan tubuh; (5) Montessori mendorong kebebasan yang bertanggungjawab; (6) Montessori menerapkan kelas lintas usia.


Keywords


learning; evaluation; Montessori method; pembelajaran; penilaian; metode Montessori

Full Text:

PDF

References


Adisti, A. R. (2016). Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori Dalam Membangun Karakter Anak. Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61–88. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v8i1.61-88

Agustin, V. Dela. (2020). Manfaat Program Pendidikan Inklusi di Kiddy Land dengan Metode Montessori di Kota Padang. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 47. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13595

Budiani, Y. S. E. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Metode Montessori di Jogjakarta Montessori School. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 251. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5072

Cipta, D. A. S. (2018). Penerapan Pendekatan Montessori untuk Menanamkan Pemahaman Konsep Bilangan Cacah pada Siswa TK Putera Zaman Malang. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 30. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.440

Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Tingkat Permulaan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3

Dereli İman, E., Danişman, Ş., Akin Demircan, Z., & Yaya, D. (2019). The Effect of the Montessori Education Method on Pre-School Children’s Social Competence–Behaviour and Emotion Regulation Skills. Early Child Development and Care, 189(9), 1494–1508. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1392943

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Arraniry, 3(1), 59–73.

Fadlillah, M. (2012). Design Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Firdaus, I. (2017). The Application of Montessori Method to a Child’s Development in English Reading and Writing Skills (Case Study). Pujangga, 3(2), 25–59.

Marshall, C. (2017). Montessori Education: A Review of the Evidence Base. NPJ Science of Learning, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.1038/s41539-017-0012-7

Masyrofah. (2017). Model Pembelajaran Montessori Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 105–116.

Meiliana, F., Ushuluddin, F., Islam, U., & Walisongo, N. (2015). Penerapan Metode Montessori Untuk Perkembangan Spiritualitas Anak Usia Dini (Di TK IT Amanah Sidapurna-Dukuhturi-Tegal). Skripsi tidak diterbitkan. UIN Walisongo, Semarang.

Mumtazah, D. & Rohmah, L. (2018). Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 91–102.

Mursid. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugrahanta Gregoriusari Ari, D. (2016). Pengembangan Alat Peraga Matematika Berbasis Metode Montessori Papan Dakon Operasi Bilangan Bulat Untuk Siswa Sd. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD)., 20(2), 104.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Paramita, V. D. (2018). Jatuh Hati Pada Montessori. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Rohita, R., & Nurfadilah, N. (2018). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1), 53. https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.255

Savitri, I. M. (2019). Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Soemiarti, P. (2000). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Depdikbud dan PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumitra, A. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif di PAUD Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal EMPOWERMENT, 4(1), 60–70.

Syafri, F. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Maria Montessori. Jurnal Insan Cendikia.

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ni Made Sri Laksmi, I Made Suardana, Imron Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License