Bahan Ajar Daring Tata Bahasa bagi Pelajar BIPA 2

Himmatun Ilmiah S, A. Syukur Ghazali, Nurchasanah Nurchasanah, Kusubakti Andajani

Abstract


Abstract: Online teaching materials are urgently needed during a pandemic because of the limited distance to study directly to the destination country. Grammar material is one of the materials that must be taught, especially for beginner BIPA students. Therefore, the aim of this study was to produce teaching materials and online guides for BIPA 2 grammar. The development research model was adapted from Borg and Gall (1983). The results of the validation test and practitioner test state that this teaching material is feasible and needs to be revised and very feasible and does not need to be revised. The total results of the validation of BIPA material experts and practitioners were 84.8%, validation of learning technology was 95.5%, and limited field testing was 92.13%.

Abstrak: Bahan ajar daring sangat dibutuhkan pada masa pandemi karena keterbatasan jarak untuk belajar langsung ke negara tujuan. Materi tata bahasa merupakan salah satu materi yang harus diajarkan, khususnya untuk pelajar BIPA tingkat pemula. Oleh karena itu, tujuan penlitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dan panduan daring tata bahasa BIPA 2. Model penelitian pengembangan mengadaptasi dari Borg dan Gall (1983). Hasil uji validasi dan uji praktisi menyatakan bahwa bahan ajar ini layak dan perlu direvisi serta sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil total validasi ahli materi BIPA dan praktisi 84.8%, validasi teknologi pembelajaran 95.5%, dan uji lapangan terbatas 92.13%.

Keywords


online teaching materials; grammar; BIPA; bahan ajar daring; tata bahasa; BIPA

Full Text:

PDF

References


ACTFL. (2012). ACTFL Proficiency Guidelines 2012. ACTFL INC.

Akker, J., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. 1(2), 73–90.

Arumdyahsari, S., Widodo, HS., & Susanto, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 828–834.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed). Longman.

Dewi, R. P. (2016). Pengembangan Buku Ajar Pemula Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Berbasis CEFR. 3(2), 21–40.

Fardillah. (2017). Kemampuan Penggunaan Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 3 Sungguminasa. Proceedings of National Seminar Reseah and Community Service Institute Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Makasar.

Favale, T., Soro, F., Trevisan, M., Drago, I., & Mellia, M. (2020). Campus traffic and e-Learning during COVID-19 pandemic. Computer Networks, 176, 107290. https://doi.org/10.1016/j.comnet.2020.107290

Isnaini, M. (2015). Struktur Kalimat Tunggal dalam Karangan Bahasa Indonesia Mahasiswa Asing Tingkat Pemula di BIPA UMM. 1(1), 43–53.

Kemendikbud. (2017). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Kemendikbud.

Long, M. (1988). Understanding second language acquisition. Rod Ellis. Oxford: Oxford University Press, 1985. Pp. 327. Studies in Second Language Acquisition, 10(1), 79–82. https://doi.org/10.1017/S0272263100007038

Munirah., & Hardian. (2016). Pengaruh Kemampuan Kosakata dan Struktur Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 78–87.

Nirmalasari, Y. (2018). Pola Kalimat Bahasa Indonesia Tulis Pembelajar BIPA Tingkat Pemula Asal Tiongkok di Universitas Ma Chung Tahun 2018. KLAUSA: Kajian Linguistik, Pembalajaran Bahasa, dan Sastra, 2(1), 41–50.

Nugraheni, A. S. (2015). Pengembangan Program Profesionalisme Dosen Pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Asean. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 1–14.

Pratiwi, D. F. (2018). Kesulitan yang Dihadapi oleh Para Pemelajar dalam Mempelajari Bahasa Indonesia di Universitas Nottingham, Inggris.

Santosa, P. P. P. (2017). Hubungan Antara Penguasaan Tata Bahasa dengan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Depok. Deiksis, 9(2), 182–193.

Saroni, N., Widodo, HS., & Mudiono, A. (2017). Analisis Keterbacaan Teks pada Buku Tematik Terpadu Kelas V SD Bedasarkan Grafik Fry. Proseding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD. Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi"., Universitas Negeri Malang.

Sastromiharjo, A. (2008). Teori Kebahasaan dan Pembelajarannya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Setiawan, M. A., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Bahan Ajar Multimedia terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa pada Matakuliah Kimia Organik I. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 746–751.

Siregar, S. A., Lubis, F., & Barus, F. L. (2016). Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas VII dengan Grafik Raygor. Jurnal BAHAS, 27(4), 315–328.

Sitaresmi, N. (2017). Model Pembelajaran Struktur Kalimat Bahasa Indonesia bagi Pembelajar Asing (BIPA).

Suyitno, I. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana: Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya, 9(1), 62–78.

Ula, H. R., & Yulianto, B. (2018). Pengembangan Modul Tata Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning untuk Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula. Jurnal BAPALA, 1(1), 1-10.

Yenti, I. N. (2014). Kepraktisan Bahan Ajar Berbasis E-Learning untuk Matakuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 (KPB 1). Jurnal Ta’dib, 17(1), 14–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Himmatun Ilmiah S, A. Syukur Ghazali, Nurchasanah Nurchasanah, Kusubakti Andajani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License