Karakteristik Tokoh Influencer dalam Novel “Hidup ini Keras Maka Gebuklah”:Kajian Psikologi Sastra

Abdul Hamid H Narahaubun, Wahyudi Siswanto, Taufik Dermawan

Abstract


Abstract: This study aims to determine the character of the influencer in this novel. Starting from sociable behaviour, forgiving soul, helpful, and not giving up. This research is qualitative research with inductive method. The data of this research is the text in the novel. The source of the data is the novel Life Is Hard, So Gebuklah by Prie GS. This data analysis activity is data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this analysis show that Ipung's personality leads to characters such as easy to get along with other people, likes to forgive people's mistakes, likes to help people who need help, and doesn't give up easily when he faces problems.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter tokoh influencer dalam novel ini. Mulai dari perilaku mudah bergaul, jiwa pemaaf, suka membantu, dan tidak berputus asa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode induktif. Data penelitian ini adalah teks yang ada dalam novel. Sumber datanya adalah novel Hidup Ini Keras Maka Gebuklah karya Prie GS. Aktivitas analisis data ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil analisis ini menunjukkan kepribadian tokoh Ipung ini mengarah pada karakter-karakter seperti mudah bergaul dengan orang lain, suka memaaafkan kesalahan orang, suka membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan, dan tidak mudah berputus asa saat ia menghadapi masalah.

Keywords


character characteristics; literature psychology; karakteristik tokoh; psikolgi sastra

Full Text:

PDF

References


Alwisol, A. (2017). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhamadiah Malang.

Anggitasari, D. W. (2016). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(4), 13—18.

Anisah, N. (2016). Pengembangan Media Bimbingan Etika Bergaul Berbasis Video Animasi Adobe Flash Dalam Layanan Informasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal BK Unesa, 6(3).

Diana, A. (2016). Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Wanita di Lautan Sunyi karya Nurul Asmayani. Jurnal Pesona, 2(1).

Elisa, E., Wardhani, N. E., & Suyitno, S. (2017). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP. BASASTRA, 4(2), 34—44.

Endayani, E., Artati, S. Y., & Fasmin, F. A. (2018). Analisis Unsur Psikologi Tokoh dan Penokohan Novel Sang Sutradara dan Wartawati Burung Karya Gerson Poyk. CARWAJI, 3(1), 14—24.

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner menggunakan Influencer melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192—203.

Harliyana, I., & Shella, A. (2020). Teknik Pelukisan Tokoh dalam Novel Bulan Kertas Karya Arafat Nur. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 13-26.

Hikma, N. (2015). Aspek Psikologis Tokoh Utama Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). Jurnal Humanika, 3(15).

Khusnin, M. (2012). Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya terhadap Pengajaran Sastra di SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Lubis, F. W. (2018). Analisis Diskriminasi Pada Novel “Amelia” Karya Tere-Liye. Journal of Science and Social Research, 1(1), 53—59.

Milawasri, F. A. (2017). Analisis Karakter Tokoh Utama Wanita Dalam Cerpen Mendiang Karya SN Ratmana. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 87—94.

Munir, A. (2015). Hadis Tarbawi tentang Teman Bergaul. Shaut al Arabiyyah, 3(2), 16—40.

Nurbaya, N., Nur, Y., & Lembah, G. (2020). Konflik Batin Tokoh Utama Novel Tanpa Kata Karya Endry Boeriswati: Pendekatan Konflik Kurt Lewin. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 102—117.

Paramitasari, R. (2012). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan pada Remaja Akhir. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Airlangga.

Pricila, A., Ulfah, M., & Basri, M. (2013). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Rasionalitas Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Untan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3).

Pulungan, H. R. (2017). Memaknai Putus Asa Dalam Paradigma Henti. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 57—74.

Rahmawati, P. A. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan dan Keterbukaan Diri terhadap Orangtua dengan Perilaku Memaafkan Pada Remaja yang Mengalami Keluarga Broken Home di SMKN 3 & SMKN 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3).

Rini, A. M. F., & Sugiharto, D. Y. P. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perilaku Prososial. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(2), 15—20.

Rokhmansyah, A. (2018). Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel The Sweet Sins Karya Rangga Wirianto Putra. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 25—36.

Rosida, E. R., & Astuti, T. P. (2015). Perbedaan Penerimaan Teman Sebaya ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Empati, 4(1), 77—81.

Rusmayanthi, M. D., Indrawati, I. P. T., & Wedasuwari, I. A. M. (2020). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Novel “Kenanga” Karya Oka Rusmini. JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(1), 1—12.

Safitri, A. M. (2017). Proses dan Faktor yang memengaruhi Perilaku Memaafkan pada Remaja Broken Home. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1).

Sattari, T., Mukhlis, M., & Taib, R. (2019). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Novel Cinta Kala Perang Karya Masriadi Sambo. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 32—44.

Siswanto, W., & Roekhan. (2015). Psikologi Sastra. Malang: Media Nusa Creative.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i7.14905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Hamid H Narahaubun, Wahyudi Siswanto, Taufik Dermawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License