Pengembangan Permainan Domikado sebagai Teknik Konseling KIPAS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar

Suci Nora Julina Putri, Andi Mappiare- AT, Carolina Ligya Radjah

Abstract


Abstract: The social skills of elementary school students are currently experiencing problems. Information is obtained based on a need assessment, showing that students have difficulties in social relations in their relationships. Students who experience difficulties in their social life certainly need activities to improve them, one of which is playing. Because playing is an activity that can create social action between individuals, social skills that elementary school students must possess can be categorized into 3, namely interaction, cooperation, and adapting in the association. In this study, the game of domikado was developed as a technique of KIPAS counseling to improve students' social skills in elementary schools. KIPAS counseling is cultural-based counseling that also maps traditional games as a technique that can help overcome student problems. The results of the assessments of learning media experts, guidance counselors, and prospective users show that this game has high validity with a validator index of 1 or excellent acceptance.

Abstrak: Keterampilan sosial siswa sekolah dasar pada saat ini  mengalami permasalahan. Informasi diperoleh berdasarkan need assessment yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam hubungan sosial dalam pergaulanya. Siswa yang mengalami kesulitan dalam hidup sosialnya tentunya membutuhkan adanya kegiatan sebagai penunjang dalam meningkatkannya, salah satunya yaitu dengan bermain. Karena bermain merupakan kegiatan yang mampu menciptakan tindakan sosial antar individu. Keterampilan sosial yang harus dimiliki siswa sekolah dasar dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu interaksi, bekerjasama, dan menyesuaikan diri dalam pergaulan.   Pada penelitian ini, dikembangkan permainan domikado sebagai teknik dari konseling KIPAS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Konseling KIPAS merupakan suatu konseling yang berbasis budaya yang didalamnya juga memetakan permainan-permainan tradisional sebagai teknik yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan siswa. Hasil dari penilaian dari ahli media pembelajaran, ahli BK dan calon pengguna menunjukkan bahwa permainan ini memiliki validitas tinggi dengan indeks validator pertama atau keberterimaan sangat baik.

Keywords


domicado game; KIPAS counseling techniques; social skills; elementary school students; permainan domikado; teknik konseling KIPAS; keterampilan social; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136.

Anggara, C. (2015). Permainan Masa Kecil Yang Kini Mulai Pudar Ditelan Zaman. Retrieved July 28, 2021 (https://www.jatik.com/Permainan-Masa-Kecil-Yang-Kini-Mulai-Pudar-Ditelan-Zaman/).

Apriyanti, L., Gunawan, A., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 51 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(1), 8-15.

Astuti, F. (2009). Efektivitas Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal pada Masa Anak Sekolah. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Borg, W.R. & Gall, M. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Gregory, R. J. (2004). Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Pearson.

Halawa, A. (2017). Pengaruh Cooperative Play Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelas V. Jurnal Keperawatan, 6(2), 84–91.

Iswinarti. (2010). Nilai-Nilai Terapiutik Permainan Tradisional. Jurnal Humanity, 6(1), 41-44

Lacksana, I. (2017). Kearifan Lokal Permainan Congklak sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik melalui Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Satya Widya, 33(2), 109–116.

Lynch, S. A., & Cynthia G. Simpson. (2010). Social Skills: Laying the Foundation for Success. Dimensions of Early Childhood, 38(2), 3–12.

Mappiare-AT. (2017). Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: KIPAS (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur). Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Budaya Konseling Pada Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Murniyetti, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166.

Punaji, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putri, P., Mappiare, A-AT., & Irtadji, M. (2018). Panduan Permainan Ular Naga Bermuatan Nilai Budaya Bengkulu untuk Meningkatkan Self Advocacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1417–1422.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suci Nora Julina Putri, Andi Mappiare- AT, Carolina Ligya Radjah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License