Keterampilan Asertif sebagai Teknik Bimbingan untuk Mencegah Kekerasan Seksual melalui Permainan Kotak Ajaib dalam Media Autoplay

Rona Rohmah Dini, M. Ramli, Arbin Janu Setiyowati

Abstract


Abstract: This study aims to produce Autoplay media containing the game "magic box" to practice asertif skills in preventing violence in junior high school students. This study adapts the development of Borg & Gall. The subjects of this study were junior high school students. The data collection instrument used a questionnaire and interviews. The validation test uses BK experts and media experts to test product acceptability. The data analysis technique using the interinter agreement model from Gregory, obtained an index value of 1, which is in the "very high" category. Next, test potential users, obtaining index 1 results, which is the "very high" category. Can ensure product development has met the criteria and criteria accepted with aspects of accuracy, usability, practicality, and attractiveness.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Autoplay yang berisikan permainan “kotak ajaib” untuk melatih keterampilan asertif  dalam mencegah kekerasan seksual siswa SMP.  Penelitian ini mengadaptasi pengembangan dari Borg & Gall. Subjek penelitian ini siswa SMP. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Uji validasi menggunakan ahli BK dan ahli media untuk menguji keberterimaan produk. Teknik analisis data menggunakan interater agreement model dari Gregory, memperoleh hasil indeks nilai 1, yang merupakan katergori “sangat tinggi”. Selanjutnya uji calon pengguna, memperoleh hasil indeks 1, yang merupakan kategori “sangat tinggi”. Dapat disimpulkan produk pengembangan telah memenuhi kriterian keberterimaan dengan aspek ketepatan, kegunaan, kepraktisan, dan kemenarikan.

Keywords


guidance guide; assertive training; sexual violence; autoplay media; panduan bimbingan; pelatihan asertif; kekerasan seksual; media autoplay

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2011). Pengaruh Pelatihan Resiliensi terhadap Perilaku Asertif pada Remaja. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 4(2), 129-136.

Aminudin, M. (2019). Geger Guru di Malang 2 Tahun Cabuli 18 Siswa dengan Sumpah Al-Qur’an. Detiknews. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4840152/geger-guru-di-malang-2-tahun-cabuli-18-siswa-dengan-sumpah-al-quran

Ardianti, S. D., & Ristiyani. (2017). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini melalui Modul Anggota Tubuh Manusia. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 65-70.

Bahri, S., & Fajriani. (2015). Suatu Kajian Awal terhadap Tingkat Pelecehan Seksual di Aceh. Jurnal Pencerahan, 9(1), 50–65.

Bencsik, A., Juhász, T., Horváth-Csikós, G., & Szent István University in Gödöllő. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 6(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Conrad, & Potts, S. (2013). Assertiviteness, How to Be Strong in Every Situation. https://www.pdfdrive.com/assertiveness-how-to-be-strong-in-every-situation-d157737861.html

Deb, S., & Walsh, K. (2012). Impact of physical, psychological, and sexual violence on social adjustment of school children in India. School Psychology International, 33(4), 391–415. https://doi.org/10.1177/0143034311425225

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, H. (2020). Pengakuan Predator Asal Lamongan, Cabuli Para ABG di Tuban Karena Dendam. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/regional/2020/03/26/pengakuan-predator-asal-lamongan-cabuli-para-abg-di-tuban-karena-dendam

Ituga, A. S. (2017). Efektivitas Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Internal Locus of Control Siswa dalam Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 3(2), 8-14.

Khairani, A. (2017). Pelaksanaan Teknik Asertif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di SMPN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 2(3), 65–72.

Prabowo, A. S., & Asni. (2018). Latihan Asertif: Sebuah Intervensi yang Efektif. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1). https://doi.org/10.21009/insight.071.10

Putri, D. I., Pratikto, H., & Wardana, L. W. (2016). Pengembangan Media Autoplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(2), 133-138.

Rahayu, B. L. A., Mappiare, A., & Triyono. (2018). Keefektifan Structured Learning Approach untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMA Korban Bullying. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1468-1471.

Rahmawati, H. (2008). Modifikasi Perilaku. LP3 Universitas Negeri Malang.

Romlah, T. (2013). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Universitas Negeri Malang.

Suryawati, C. T., Hambali, I., & Lasan, B. B. (2018). Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Interpersonal Skills Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Suyono., Pali, M., & Hitipeuw, I. (2010). Pengembangan Paket Pelatihan Keterampilan Asertif bagi Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Utami, R. S., M. Ramli, & Lasan, B. B. (2019). Pengembangan Pelatihan Keterampilan Asertif melalui Sandiwara Boneka dalam Mencegah Kekerasan Seksual pada Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2019). Efektivitas Terapi Kelompok Assertiveness Training terhadap Kemampuan Komunikasi Asertif pada Remaja dengan Perilaku Agresif. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 229. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.229-236




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v7i3.15214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rona Rohmah Dini, M. Ramli, Arbin Janu Setiyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License