Hubungan Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Sarana Prasarana terhadap Kinerja Guru

Fajar Agung Pangestu, Tony Wijaya

Abstract


Abstract: The study aims to identify teacher’s performance is influenced by the principal's academic supervision, work motivation, facilities and infrastructure. The type of this study is quantitatitave reseach with correlational descriptive. The sample involved are 150 teachers from 3 different schools which tested by multiple regression. The result from analysis shows that the headmasters’ academic supervision, working motivation and the facilities with infrastructure had positive effect on the teachers’ performance, either partially or simultaneously.

Abstrak: Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui apakah kinerja guru dipengaruhi oleh supervisi akademik kepala sekolah, motivasi kerja dan sarana prasarana. Jenis penelitian merupakan kuantitatif deskriptif korelasional. Jumlah sampel yang diambil adalah 150 guru dari tiga sekolah berbeda yang di uji melalui regresi linier berganda. Supervisi akademik kepala sekolah, motivasi kerja dan sarana prasarana memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara simultan.

Keywords


educational organizations; educator performance; internal external factors; organisasi pendidikan; kinerja pendidik; faktor eksternal internal

Full Text:

PDF

References


Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga. Inject: Interdisciplinary Journal of Communication, 1(2), 223–236. https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.223-236

Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1027

Angrainy, A., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 154–159. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.15

Ardana, I. P., Yudayana, I. Ma., & Divayana, D. G. H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42–53. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Arifin, H. M. (2013). The Influence of Competence and External Motivation Factor toward Teachers Working Performance in Jayapura – Papua Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 7(5), 1–7. https://doi.org/10.9790/487x-0750107

Arman, Thalib, S. B., & Manda, D. (2016). The Effect of School Supervisors Competence and School Principals Competence on Work Motivation and Performance of Junior High School teachers in Maros Regency, Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 11(15), 7309–7317.

Chrisvianty, E., Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1634–1643. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.628

Firdaus, M. I. A., & Sutarsih, C. (2020). Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jap.v27i1.24371

Gaol, N. T. L., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.47467/jdi.v1i1.60

Giri, I. M. A. (2019). Supervisi Pendidikan dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Penjamin Mutu, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.60

Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin dengan Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 225–240. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452

Hartawati, S. I., & Mariana, L. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Prestasi Kerja Guru pada SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Economic Resources, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.33096/jer.v1i2.159

Kartika, S., Husni, & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113–126. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33

Kristiawan, M. (2015). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta’dib (Batusangkar), 18(1), 13–25. https://doi.org/10.31219/osf.io/jd27q

Leniwati, & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Mawaddah, M., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana terhadap Kepuasan Kerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 100–111. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4037

MD, L., Gani, M. U., Mallongi, S., Nujum, S., & Murfat, M. Z. (2019). Effect of Development of Professional Teacher , Competence , Facilities and Infrastructure of Education on the Performance of Teachers and Achievement Students SMA in Makassar. IOSR Journal of Business and Management, 21(9), 56–68. https://doi.org/10.9790/487X-2109025668

Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 46–55. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.33209

Priyono, B. H., Qomariah, N., & Winahyu, P. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kinerja Guru SMAN 1 Tanggul Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 144–160. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1758

Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 149–162. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136–144. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a2.2018

Sutama, Kristiawanto, & Suyatmini. (2016). Kontribusi Sarana Prasarana Pendidikan, Kondisi Lingkungan, Kedisiplinan Kerja terhadap Kinerja Guru SD. Manajemen Pendidikan, 11(2), 91–102. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i2.2652

Wenno, I. H. (2016). Effect of Principal Managerial Leadership and Compensation towards Physics Teacher Performance in Senior High School in Baguala District-Ambon. International Education Studies, 10(1), 233–244. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p233

Widoyoko, S. E. P., & Rinawati, A. (2013). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 278–289. https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1563

Yuliandri, J., & Kristiawan, M. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 570–577. https://doi.org/10.31219/osf.io/k28p5




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v7i9.15673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fajar Agung Pangestu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License