Materi Budaya Indonesia sebagai Kebutuhan Pemelajar BIPA dalam Program Immersion

Vania Maherani, Yulianeta Yulianeta, Nuny Sulistyani Idris, Nor Hasimah Ismail

Abstract


Dalam program immersion, diperlukan materi pengenalan budaya untuk meminimalisasi gegar budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) sesi orientasi budaya Indonesia yang diperoleh dan (2) materi budaya Indonesia yang dibutuhkan pemelajar BIPA sebelum immersion. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sesi orientasi budaya Indonesia yang diperoleh pemelajar BIPA dapat membantu mengantisipasi gegar budaya dan (2) materi budaya Indonesia yang dibutuhkan pemelajar BIPA adalah materi tentang cara berpakaian, berkomunikasi, makan, menggunakan transportasi, informasi makanan, serta hubungan antara lawan jenis. Hasil penelitian ini dimanfaatkan sebagai bahan validasi bahwa materi budaya dibutuhkan pemelajar BIPA untuk mengantisipasi gegar budaya.

Keywords


Gegar budaya, Immersion, Sesi orientasi, Materi budaya

Full Text:

PDF

References


Asmara, R. (2015). Basa-Basi dalam Percakapan Kolokial Berbahasa Jawa sebagai Penanda Karakter Santun Berbahasa. Transformatika, 11(2), 80-95. Dipetik November 23, 2022, dari https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformatika/article/view/215

Asyah, J. (2018). Muatan Etnis Nusantara dalam Buku Ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Malang: State University of Malang.

Atmazaki, & Harbon, L. (1999). Interpreting Cultural: Pre-Service Teachers Taking Control and Making Meaning Across Cultures. Language, Society and Culture(4), 5-12. Dipetik Desember 13, 2022, dari https://aaref.com.au/2020/05/28/issue-5-1999/

Bakhov, I., & Zakrevska, H. (2018). Implementation of the Concept of Language Immersion in Learning Foreign Language. 5th International Multidisciplinary Scientific Conferences on Social Sciences & Arts SGEM 2018 (hal. 1-7). Education and Educational Research.

Cummins, J. (2009). Bilingual and Immersion Programs . In M. H. Long, & C. J. Doughty, The Handbook of Language Teaching (p. 170). Oxford: Blackwell Publishing Ltd.

DAPOBAS. (t.thn.). Diambil kembali dari Data Pokok Kebahasaan dan Kesastraan : https://dapobas.kemdikbud.go.id/kategori.php?cat=Jaringan%20Lembaga%20Penyelenggara%20Program%20BIPA&page=22

Elidjen, A. P. (2017). Evaluating the Implementation of Public Information Disclosure on the Official Website of Indonesian Ministries. Procedia Computer Science, 116, 54-60. Dipetik Desember 28, 2022, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050917320458?via%3Dihub

Ernis, D. (2022, Mei 24). Penutur Bahasa Indonesia Capai 300 Juta Jiwa di Dunia. Dipetik Desember 10, 2022, dari https://tekno.tempo.co/read/1594535/penutur-bahasa-indonesia-capai-300-juta-jiwa-di-dunia

Faizin, & Isnaini. (2020). Fenomena Gegar Budaya Pemelajar BIPA Asal Negara Afrika Selatan di Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 27-33. Dipetik Januari 1, 2023, dari https://eprints.umm.ac.id/76746

Febiyana, A., & Turistiati, A. T. (2019). Komunikasi Antarbudaya dalam Masyarakat Multikultural (Studi Kasus pada Karyawan Warga Negara Jepang dan Indonesia di PT. Tokyu Land Indonesia). Jurnal Lugas, 3(1), 33-44. Dipetik November 23, 2022, dari https://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/view/414

Fulbright Indonesia . (2022). Diambil kembali dari AMINEF: American Indonesian Exchange Foundation: https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/foreign-language-teaching-assistant-flta-2/

Hermoyo, R. P., & Suher. (2017). Peranan Budaya Lokal dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). ELSE (Elementary School Education Journal), 1(2b), 120-126. Dipetik Desember 27, 2022, dari http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/view/1060/740

Jeen. (2022, Desember 22). Materi Budaya untuk Pemelajar BIPA . (V. Maherani, Pewawancara)

Jeen, Beam, Sohila, & Soham. (2022, Desember 22). Sesi Orientasi Budaya untuk Pemelajar BIPA dalam program Immersion. (V. Maherani, Pewawancara)

Kriyanto, R. (2020). Efektivitas Website Perguruan Tinggi Negeri sebagai Penyedia Informasi bagi Mahasiswa. Jurnal Studi Komunikasi, 4(1), 117-142. Dipetik Desember 28, 2022, dari https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jsk/article/view/1799

Sanberg, A. R. (2022). Student Perspektives on Pre-Departure Orientation in Study Abroad: A Mixed Methods Analysis. New Jersey: Rutgers, The State University of New Jersey.

Savage, B. L., & Hughes, H. Z. (2014). How does Short-term Foreign Language Immersion Stimulate Language Learning? Frontiers: the Interdiciplinary Journal of Study Abroad, XXIV, 103-120.

Sohila. (2022, Desember 23). Materi Budaya untuk Pemelajar BIPA. (V. Maherani, Pewawancara)

Steele, J. L., Slater, R. O., Li, J., Zamarro, G., Miller, T., & Bacon, M. (2018). Dual-Language Immersion Education at Scale: An Analysis of Program Costs, Mechanism, and Moderators. Educational Evaluation and Policy Analysis, 40(3), 420-445. Dipetik Desember 12, 2022, dari http://eepa.aera.net

Wirawan, A. K. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Metode Immersion Terintegrasi Budaya Indonesia. Kongres Bahasa Indonesia, 1-10. Dipetik November 24, 2022, dari https://repositori.kemdikbud.go.id/9972/

Yulianeta, Yaacob, A., & Lubis, A. H. (2022). The Development of Web-Based Teaching Materials Integrated with Indonesian Folklore for Indonesian Language for Foreign Speakers Students. International Journal of Language Education, 6(1), 46-62. Dipetik Januari 1, 2023, dari ttps://doi.org/10.26858/ijole.v6i1.22957




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v8i7.16117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vania Maherani, Yulianeta Yulianeta, Nuny Sulistyani Idris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License