PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA

Sri Ira Suharwati, Sumarmi Sumarmi, I Nyoman Ruja

Abstract


This research aims to understand the effect of learning model Resource Based Learning (RBL) of interest and study results geography of student high school. The kind of the research is quasi experiment with the approach descriptive quantitative use pretest-posttest control group design. The subject of this study is a student XI-IPS of SMA N 4 Pamekasan. XI-IPS 2 as a class experiment and XI-IPS 1 as a class control. An instrument in this study consisting of pretest and posttest and questionnaire of the interest. Technique data collection is the test and survey. Analysis techniques data to test hypothesis is independent samples t-test. The result of this research show (1) The significant effect of model Resource Based Learning to interest. Results t-test showing that the sg 0,008<0,05, (2) The significant effect of model Resource Based Learning to study results Geography. This is proved of the value of sig test results t is 0,032<0,05. Based on the research done can be concluded that model resource based learning significant to interest and study results Geography high school students

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadapn minat dan hasil belajar geografi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-eksperiment) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini siswa XI-IPS SMA N 4 Pamekasan, dimana XI-IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Independent Samples T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model Resource Based Learning terhadap minat belajar dengan nilai sig (2-tailed) 0,008<0,05, (2) ada pengaruh yang signifikan model Resource Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa dengan nilai sig (2-tailed) 0,032<0,05. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa model Resource Based Learning berpengaruh signifikan terhadap minat dan hasil belajar geografi siswa.


Keywords


Resource Based Learning (RBL); Interest; study results geography; model resource; based learning; minat belajar; hasil belajar geografi

Full Text:

PDF

References


Astra, I Made. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi pada Resource Based Learning untuk Calon Guru SMA. Jurnal TEKNODIK. 21(XI).

Basyir, Adi Azhar. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Sumber (Resource Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Bintarini, Ni Kade. 2013. Determinasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah sebagai Sumber Belajar terhadap Gaya Belajar dan Pemahaman Konsep IPS pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara (3). Singaraja: PPS Universitas Pendidikan Ganesha.

Butler, Margaret. 2012. Resource-Based Learning and Course Design: A Brief Theoretical Overview and Practical Suggestions. 104 (2). Georgia: Georgia State University College of Law.

Chaeruman,Uwes A. 2008. Belajar Berbasis Aneka Sumber. (Online), (http://www.teknologipendidikan.net/2008/09/04/belajar-berbasis-aneka-sumber/, diakses 8 Juli 2015).

Dorrel, Jullie. 1993. Resource Based Learning Using Open & Flexible Learning Resource Of Continous Development. England: Mc. Graw Hill.

Elisna. 2003. Belajar Berbasis Aneka Sumber Peluang dan Tantangan bagi Pendidik” dalam Teknologi Pembelajaran Upaya Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hendarwati, Endah. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar melalui Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu pada Pelajaran IPS. 2 (1):59—70. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kamil, Gurniawan. 2000. Penelitian Resource Based Learning. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Krap, Andreas. 1999. Interest, Motivation, and Learning: An-educational Psychological Perceptive. European Journal of Psychological Education, XIV (23—40). Germany: University of The German Forces .

Lohman, Andrew D. 2011. Geographic Literacy, Objectives, and Active Learning in Geography. New York: United States Military Academy, West Point.

Mauliza, Evi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Resources Based Learning (RBL) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Moniung, A.I dkk. 2015. Pengaruh Pembelajaran Resource Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Barisan dan Deret, 3(3). UNIMA (Online), (http://portalgaruda.org/viewjournal&journal/Vol 3, No 3 (2015): Matematika, diakses 18 April 2015).

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nooryono, Edhy. 2009. Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA 2 Bae Kudus. Surakarta: PPS Universitas Sebelas Maret.

Ryan, Connell, & Plant. 1990. Emotions in Nondirected Text Learning. Learning and Individual Differences, 2 (1):1—17.

Sitepu. B.P. 2011. Belajar Berbasis Aneka Sumber dalam Pendidikan Nonformal. Jurnal VISI PTKPNF, 6 (2):169—179.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Offset.

Usman, Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.5803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License