MEMAHAMI SISWA YANG BERPRESTASI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MALANG PADA BIDANG GEOGRAFI MELALUI PERSPEKTIF FENOMENOLOGI

Adita Taufik Widianto, Ach. Fatchan, I Nyoman Ruja

Abstract


This study is intended to teach students who excel in class XI MAN 1 Malang. Achievement is a phenomenon that is not simple. Its presence in a person will not be separated from the process of deep reflection on the various actions to be taken. Methodologically, this study used a qualitative design with phenomenology Alfred Schutz perspective. It is based on that Szhutz is the first character that can connect phenomenology with the social sciences. The results showed that students be affected by the achievement motive causes and motives of interest. The existence of the motive because the student is heavily influenced by the structure of the experience, while the motif of interest dipengaruhin anxiety over the situation worse in the future.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji siswa kelas XI yang berprestasi di MAN 1 Malang. Prestasi merupakan fenomena yang tidak sederhana. Keberadaannya pada diri seseorang tidak akan terlepas dari proses refleksi mendalam tentang berbagai tindakan yang akan dilakukan. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan perspektif fenomenologi Alfred Schutz. Hal ini didasari bahwa Szhutz merupakan tokoh pertama yang mampu menghubungkan fenomenologi dengan ilmu sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa menjadi berprestasi dipengaruhi oleh motif sebab dan motif tujuan. Keberadaan motif sebab pada siswa banyak dipengaruhi oleh struktur pengalaman, sedangkan motif tujuan dipengaruhin oleh kecemasan atas situasi buruk dimasa depan.


Keywords


phenomenology; achievement; Madrasah Aliyah Negeri; fenomenologi; prestasi; Madrasah Aliyah Negeri

Full Text:

PDF

References


Andri & Dewi P. Y. 2007. Teori Kecemasan Berdasarkan Psikoanalisis Klasik dan Berbagai Mekanisme Pertahanan

terhadap Kecemasan. Jurnal Majalah Kedokteran Indonesia, Volume 57, Nomor 7.

Bertens. K. 2006. Filsafat Barat Kontemporer Prancis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Capra, F. 2003. The Hidden Connections. London: Flamingo.

Cawthorne, N. 2004. Rahasia Kehidupan Sex Para Paus. Terjemahan oleh Helmi Mustafa & Sigit P. Yogyakarta: Penerbit Alas.

Ditls, R. B. 1999. Sleight of Mouth: The Magic of Conversational Belief Change. California: Meta Publications.

Fatchan, A. 2013. 10 Langkah Penelitian Kualitatif: Pendekatan Konstruksi dan Fenomenologi. Malang: UM Press.

Foucault, M. 2012. Arkeologi Pengetahuan. Jogjakarta: Ircisod.

Hopper, D. 2007. Law of Attraction How to Attract Money, Love, and Happiness. Nashville: Kathode Ray Enterprises, LLC.

Kuswanto, D. 2010. Pengelolaan Ekstrakurikuler Jaring-jaring Komunikasi Pemantau Kualitas Air (JKPKA) di Madrasah

Aliyah Negeri (MAN) Malang I. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas

Negeri Malang.

Losier, M. J. 2007. Law of Attraction: Mengungkap Rahasia Kehidupan. Jakarta: UFUK Press.

MAN 1 Malang. 2010. Ekstrakurikuler. (Online), (https://magesamalang.wordpress.com/aktivitas/ekstrakurikuler/, diakses 6

September 2015).

Miles & Huberman. 2014. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan oleh Tjetjep

Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Morrison, H. 2004. Dibalik Pikiran Para Pembunuh Berantai: Mengungkapkan Alasan Mereka Kecanduan Membunuh.

Alih bahasa oleh T. Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mu’arifah, A. 2005. Hubungan Kecemasan dan Agresivitas. Indonesian Psychological Journal, Vol. 2 No. 2.

Munawar, B & Rachman. 2013. Fenomenologi Diri dan Konstruksi Sosial mengenai Kebudayaan: Edmund Husserl dan

Jejak-Jejaknya pada Maurice Merleau-Ponty dan Peter Berger. Jurnal Ilmu Ushuluddin, Volume 1, Nomor 6.

Schutz, A. 1962. Collected Papers I: The Problem of Social Reality. Maurice Natanson, ed. The Hague: Martinus Nijhoff

Publishers.

Sibawaihi. 2004. Eskatologi Al Gazali dan Fazlur Rahman: Studi Komparatif Epistemologi Klasik-Kontemporer.

Yogyakarta: Islamika.

Strongman, K.T. 1995. Theories of Anxiety. New Zealand Journal of Psychology, Vol. 24, No. 2.

Twenge, J. M. 2000. The Age of Anxiety? Birth Cohort Change in Anxiety and Neuroticism, 1952-1993. Journal of

Personality and Social Psychology, Vol. 79, No. 6, 1007—1021.

Wilson, T. D. 2002. Alfred Schutz, Phenomenology and Research Methodology for Information Behaviour Research, (Online),

(http://www.informationr.net/tdw/publ/papers/schutz02.html).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License