PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER II DI SMA WAHID HASYIM MODEL LAMONGAN

Ahmad Charis Chumaidi, Sulton Sulton, Sulthoni Sulthoni

Abstract


This study uses the five steps of the development model of Lee and Owens. The data collection methods in this study are in the form of questionnaires, interviews, and tests. Data were analysed using two methods that are the analysis of qualitative data using content analysis and quantitative data using descriptive percentages. The product development is validated by experts of the subject matter and multimedia with a validity rate of 88,3%, the individual testing with a validity rate of 91,7%, the small group testing with a validity rate of 88,2%, and the field testing with a validity rate of 85,6% with a very worthy qualification and does not need revision. The overall data of the test results show that the media obtain a percentage of 88,44% with a very good category. This study concludes that the test subjects responded well to the media that is designed and developed specially for the senior high school students.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee and Owens dengan lima langkah. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan dua cara, yaitu analisis data kualitatif yang menggunakan analisis isi dan analisis data kuantitatif yang menggunakan deskriptif persentase. Pengembangan produk ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli multimedia dengan tingkat kevalidan 88,3%, uji coba perorangan dengan tingkat kevalidan 91.7%, uji coba kelompok kecil dengan tingkat kevalidan 88,2% dan uji coba lapangan dengan tingkat kevalidan 85,6% dengan kualifikasi sangat layak tidak perlu revisi. Data keseluruhan dari hasil uji coba menunjukkan, media memperoleh presentase sebesar 88,44% dengan kategori sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa subyek uji coba merespon dengan baik pada media yang dirancang dan dikembangkan khusus untuk siswa sekolah menengah pertama.


Keywords


development; interactive multimedia; Biology; pengembangan; multimedia Interaktif; Biologi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik, edisi Revisi IV. Jakarta: Rineneka Cipta.

Arthana, I. K. dan Dewi, D. K. 2005. Evaluasi Media Instruksional. Surabaya: Tim Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan Unesa.

Anderson, R. H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Perananya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Departemen pendidikan nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Djohar. 2012. Pembelajaran yang mendidik. Makalah Sarasehan Temu Alumni Jurusan Pendidikan Biologi, 20 April 2012.

Doran R., Chan F., Tamir P. 1998. Science Educator Guide to Assessment. National Science Teachers Association. Arlington, Virginia.

Dwiyogo, W. D. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Visioner. Jakarta: DP2M Dikti.

Green, T. D. & Brown, A. 2002. Multimedia Project in The Classroom. USA: Corwin Press, Inc.

Hardy. T & Fleer. M. 1996. Science for children: Developing a Personal Approach to teaching. Sydney: Prentice Hall. Paul Chapman. Publishing Ltd.

Harjanto, A. 2012. Rancang Bangun Computer Assisted Instruction (CAI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menegah Atas. Semarang: Universitas Diponegoro.

Heinich, R. Molenda, M. Russel, J.D dan Smaldine, Sharon, E. 2005. Instructional Technology and Media for Learning, New

Jerse: PearsonM Education, Inc.

Januszewski, A., & Molenda, M. 2008. Educational Technology: A Definition with Comentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates Taylor & Francis Group.

Kristiyanti, M. dan Lisda R. 2011. Pengembangan media pembelajaran mata kuliah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Computer Assisted Instruction (CAI). Semarang: Universitas AKI.

Lee, W.W., & Owens, D.L. 2004. Multimedia Based Instructional Design: Secend Edition. San Francisco: Pfeiffer.

Lopez, C. M., Luque, R. A., & Marquez, F. A. 2011. Active Learning in Operations Management: Interactive multimedia software for teaching JIT/Lean Production. Universidad de sevilla (SPAIN). JIEM, 2011-4(1): 31—80 Online journal of Industrial Enginering and Management. (http://www.jiem.org), diakses 03 Juni 2016.

Mayer, R. E. 2009. Multimedia Learning. Second Edition. Cambridge University Press 32 Avenue of the Americas, New York, NY 100013-2473, USA. (http://www.cambridge.org), diakses 03 Juni 2016.

Mulyadi, A. W. 2009. Pengembangan Multimedia pembelajaran interaktif CAI Model Instructionel Games untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa. Bandung: Pascasarjana Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer UPI Bandung.

Munib, A. 2004. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 5 Nomor 2, 3 Juni 2016.

Munir. 2013. MULTIMEDIA Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Mustaji. 2009. Teori dan Model Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Mustaji, S, dan H., Lamijan. 2010. Panduan Seminar: Bidang Teknologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Phillips, R. 1997. The Developers Handbook to Interactive Multimedia: A practical guide for educational developers (p. 8). London: Kogan Page.

Pramono, G. 2008. Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Depdiknas.

Rachmat, A., & Roswanto, A. 2005. Pengantar Multimedia. Fakultas Teknik Informatika Universitas Kristen Duta Wacana.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., Rahardjito. 2010. Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Seels, Barbara dan Richey, Rita.1994. Teknologi Pembelajaran Devinisi dan Kawasannya. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Setiyono, B. D. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah. tidak diterbitkan.

Sfenrianto. 2007. Memproduksi Multimedia Interaktif: Tinjauan Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Bentuk dan Langkah-Langkah. Jambi: STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vaughan, T. 1994. Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.

Yamin, A. H. 2010. Pengembangan Multimedia interaktif Pada Matakuliah Pengembangan Media Grafis Pokok Bahasan

Dasar-Dasar Desain Grafis di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License