MANAJEMEN ALUMNI DI PONDOK PESANTREN MODERN DAN SALAF (STUDI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID DAN PONDOK PESANTREN SIDOGIRI)

Ainur Rifqi, Ali Imron, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


The aim of this research is describing (1) alumni’s profile of address and proffession, (2) management of alumnus that include planning, organizing, development of alumnus, alumnus empowering, and evaluation, (3) network building of alumnus communication at Pondok Pesantren Nurul Jadid and Pondok Pesantren Sidogiri. `By means qualitative, the research found (1) location, vision, institute, and facilities of pesantren is influencing to spreading and proffession of alumnus; (2) management of alumnus are preparing alumnus candidate, encoding, planning program, developing alumnus, empowering alumnus, and evaluating; (3) network building of alumnus is built by organisation and personal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) profil alumni yang berkaitan dengan tempat bermukim dan profesi alumni, 2) manajemen alumni yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengembangan alumni, pemberdayaan alumni, dan evaluasi, 3) pembangunan jaringan alumni di Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Pondok Pesantren Sidogiri. Melalui penggunaan metode kualitatif, penelitian ini menemukan: 1) letak, tujuan, pendidikan, dan fasilitas pesantren memengaruhi keberasalan dan profesi alumni; 2) manajemen alumni terdiri dari penyiapan calon alumni, pendataan, perencanaan program, pengembangan alumni, pemberdayaan alumni, dan evaluasi; 3) jaringan komunikasi alumni dibangun secara organisatoris dan personal.


Keywords


alumnus; mangement of alumnus; modern pondok pesantren; ancient pondok; pesantren alumni; manajemen alumni; pondok pesantren modern; pondok pesantren salaf

Full Text:

PDF

References


Black, J. A & Champion, D.J. 2001. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Terjemahan oleh Koswara, Salam, dan Ruzhendi. Bandung: PT Refika Aditama.

Fatah, R. A, dkk. 2005. Rekonstruksi Pesantren Masa Depan. Jakarta: PT. Listafariska Putra.

Fletcher, S. 2005. Competence-based Assessment Techniques=Teknik Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hidayat, M. C. 2012. Pengembangan Alumni Santri di Pusat Latihan Manajemen dan Pengembangan Masyarakat (PLMPM) Pondok Modern Darussalam Gontor. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Indrafachrudi, S. 1994. Bagaimana Mengakrabkan Sekolah dengan Orangtua dan Masyarakat. Malang: IKIP Malang.

Lertputtarak, S. & Supitchayangkool, S. 2014. Factors Influencing Alumni Donations. (hal. 170—178). International Journal of Business and Management. Volume 9 No. 3, 2014.

Nuraida, I. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius.

Qomar, M. 2007. Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Saebani, B. A. 2012. Filsafat Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Sudayat. 2013. Pemberdayaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia pada Sekolah Inklusi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sule, E.T & Saefullah, K. 2008. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Suwatno & Priansa, D. J. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung:Alfabeta.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya: Studi Kasus, Etnografi, Interaksi Simbolik, dan Penelitian Tindakan pada Konteks Manajemen Pendidikan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License