PENGARUH METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN DINOYO 2 KOTA MALANG

Oriza Zativalen, Muakibatul Hasanah, Sulthon Sulthon

Abstract


The purpose of this research to know the effect of NHT method on learning outcomes of knowledge on thematic learning class V SDN Dinoyo 2 Malang. This type of research is a quasi-experimental design with nonequivalent control design. The population that is all class V with 3 parallel classes totaling 94 students. Sampling a random way as the experimental class VA and VB as the control class. The instrument used is a multiple choice test with a number of about 54 items. Data were analyzed using independent t test aided IBM SPSS 21. The results of this study indicate that there are significant NHT methods on learning outcomes of knowledge on thematic learning class V SDN Dinoyo 2 Malang. Suggestions for teachers for the implementation of NHT method as a means of student facilities achieve maximum learning knowledge.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode NHT terhadap hasil belajar pengetahuan pada pembelajaran tematik kelas V SDN Dinoyo 2 Kota Malang. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas V dengan 3 kelas paralel berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel dengan cara acak VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan ganda dengan jumlah soal 54 butir soal. Analisa data yang digunakan adalah uji T independent berbantuan IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode NHT terhadap hasil belajar pengetahuan pada pembelajaran tematik kelas V SDN Dinoyo 2 Kota Malang. Saran bagi guru untuk dilaksanakannya metode NHT sebagai sarana fasilitas siswa mencapai hasil belajar pengetahuan yang maksimal.


Keywords


NHT cooperative learning methods; learning outcomes of knowledge; thematic learning; pembelajaran kooperatif metode NHT; hasil belajar pengetahuan; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 1997. Learning to Theach. New York: Singapore: Mc Graw-Hill book Company.

Arends, R. I. 2000. Learning to Theacher Sixth. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitabang Depdiknas.

Ibrahim, M. 2000. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Maasawet, Elsje T. 2009. Pengaruh strategi Pembelajaran Kooperatif Snowballing dan Number Head Together (NHT) pada Sekolah Multietnis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif Sains Biologi dan Sikap Sosial Siswa SMP Samarinda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang: UM Press.

Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice (2nd edition). Massachu setts: Allyn and Bacon

Publisher.

Slavin, R. E. 2000. Educational Psycology Theory and Practice Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon Publishers.

Slavin, R. E. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh NarulitaYusron. 2011. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabets.

Syadzali, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dipadu Number Head Together (NHT) terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Matematika. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License