BENTUK KARAKTER ANAK MELALUI DOKUMENTASI FOLKLOR LISAN KEBUDAYAAN LOKAL

Ranggi Ramadhani Ilminisa, Wahyudi Siswanto, Yazid Basthomi

Abstract


This research aims to documented the myth, legend, and fairy tale in Jombang and developing the oral folklore to be child story which contain of character education. In this case, used qualitative method. Based on results study getting nine story’s from a few of data site interpretation which include north Jombang, west, south, and middle. From the nine story’s, then documented and described on result study. Thus, it is can be reference of giving character education for kid. 

Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan mite, legenda, dan dongeng di Jombang dan mengemas folklor lisan tersebut menjadi cerita anak bermuatan pendidikan karakter. Dalam hal ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sembilan cerita dari beberapa lokasi pengambilan data yang meliputi Jombang utara, barat, selatan dan tengah. Dari sembilan cerita tersebut didokumentasikan dan dideskripsikan pada temuan hasil penelitian. Dengan demikian, folklor lisan tersebut dapat dijadikan rujukan untuk membentuk pendidikan karakter anak.


Keywords


character education; oral folklore; pendidikan karakter; folklor lisan

Full Text:

PDF

References


Aman, S. 2003. Nilai-Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Bugis (Telaah Sastra Bugis Klasik Dokumentasi Nur Azizah Syahril). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Busri, H. 2010. Simbol Budaya Madura dalam Cerita Rakyat Madura. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Danandjaja, J. 1998. Pendekatan Folklor dalam Penelitian Bahan-bahan Tradisi Lisan. Makalah untuk lokakarya internasional metodologi kajian tradisi lisan, Ed. Pudentia, MPSS. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan Yayasan Asosiasi Tradisi Lisan.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Endraswara, S. 2009. Metodologi Penelitian Folklor. Yogyakarta: Media Pressindo.

Kemendiknas. 2010. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rukmini, D. 2009. Cerita Rakyat Kabupaten Sragen (Suatu Kajian Struktural dan Nilai Edukatif). Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wattimena, R. 2012. Folklor Lisan dalam Upacara Bakar Obor Pattimura di Desa Tuhaha Kecamatan Saparua Kabupaten Maluku Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Wiyani, N. A. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License