PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK TEKS EKSPOSISI BAGI SISWA SMP KELAS VII

Heri Susanto, Roekhan Roekhan, Endah Tri Priyatni

Abstract


The aims of the research and development consist of (1) developing teaching material based on multimedia integration for exposition text and manual book for teachers meeting up standard of feasibility in all of aspects content, sequencing, graphic, and language (2) describing the effectiveness of its teaching material. Production of multimedia packages (Ghislandi, 1996:222) was adopted in reaching these aims. The result of validation test states that both of products are up standard of feasibility for all of aspect, content, sequencing, graphic, and language. Furthermore, statistic test shows there are significant excalation in mastering exposition text before and after implementation of product.

Tujuan penelitian pengembangan ini, yaitu (1) menghasilkan produk berupa bahan ajar multimedia untuk teks eksposisi dan buku petunjuk penggunaan dalam pembelajaran yang memenuhi kelayakan dari aspek isi, penyajian, desain grafika, dan bahasa dan (2) mendeskripsikan keefektifan produk. Dalam upaya mencapai tujuan itu, digunakan model produksi paket multimedia (Ghislandi, 1996:222). Hasil penelitian pengembangan berupa berupa bahan ajar multimedia untuk teks eksposisi dan buku petunjuk penggunaan yang memenuhi kelayakan dari aspek isi, penyajian, grafika, dan bahasa untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa implementasi produk meningkatkan penguasaan teks eksposisi secara signifikan.


Keywords


electronic-smartbook; exposition text; curriculum 2013; buku pintar elektronik; teks eksposisi; kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Barringer, M. D., Pohlman, C., dan Robinson, M. 2010. Schools for All Kinds of Minds: Boosting Student Success by Embracing Learning Variation. San Fransisco: Josey-Bass (An Imprint of Wiley).

Belardi, B.. 2015. McGraw-Hill Education Debuts New Version of SmartBook at 2015 International Consumer Electronics Show. (Online), (http://www.mheducation.com/about/newsroom/mcgrawhilleducationdebutsnewversionsmartbook20-15internationalconsumer), diakses 22 Mei 2015.

BSNP. 2013a. Aspek Kegrafikaan. (Online), (http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/20-14/05/04-ASPEK-KEGRAFI-KAAN.rar), diakses 10 Maret 2015.

BSNP. 2013b. Instrumen Penilaian Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. (Online), (http://bsnp-indonesia.org/id/wp-con-tent/up-loads/2014/05/Bahasa-Indonesia.zip), diakses 10 Maret 2015.

BSNP. 2013c. Intrumen Audio 5 Bahasa Asing. (Online), (http://bsnp-indonesia.-org/id/wp-content/uploads/2014/05/instrumen-Audio-5-Bhs-Asing.zip

Buoncristiani, M. dan Buoncristiani, P. 2012. Developing Mindful Students, Skilful Thinkers, Thoughtful Schools. London: Corwin.

DePorter, B. dan Hernacki, M. 2010. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Felisitas, J. 2010. Prinsip Prinsip Desain Grafis. (Online), (http://www.ilmu-grafis.com/artikel.php?page=prinsip‐prinsip‐de-sain‐grafis), diakses 23 Maret 2016.

Freeman, D. L. 2000. Techniques and principles in language Teaching (2nd Edition). New York: Oxford University Press

Ghislandi, P. 2008. Production Multimedia Packages. Dalam Tjeerd Plomp dan Donald P. Ely (Eds.), International Encyclopedia of Educational Technology (hlm. 221—225). Bingley: Emerald Group Publishing.

Holt, J. 2012. Bagaimana Siswa Belajar. Terjemahan oleh Fransisca Wahyu Ari Susilowati. Jakarta: Erlangga.

Jacobsen, D. A., Eggen, P., dan Kauchak, D. 2009. Methods for Teaching: Promoting Student Learning in K-12 Classroom. Terjemahan oleh Achmad Fawaid dan Khoirul Anam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jaworski, J. 1996. Production of Audiovisual Programs. Dalam Tjeerd Plomp and Donald P. Ely (Eds.), International Encyclopedia of Educational Technology (hlm. 213—216). Bingley: Emerald Group Publishing.

Knapp, P. dan Watkins, M.. 2005. Genre, Text, Grammar. Australia: University of New South Wales.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014a. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Law, N. 2008. Teacher Learning Beyond Knowledge for Pedagogical Innovations with ICT. Dalam Joke Voogt dan Gerald Knezek (Eds.), International Handbook of Information Technology in Primary and Secondary Education (hlm. 425—434). New York: Springer.

Leacock, T. L. dan Nesbit, J. C. 2007. A Framework for Evaluating the Quality of Multimedia Learning Resources. Educational Technology & Society. 10 (2): 44—59.

Madana, Z. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Prosa Fiksi Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Muharam, D. P. 2015. Tunanetra dan Buku Elektronik. (Online), (http://www.kartunet.or.id/tunanetrabukuelektronik8900/), diakses 22 Mei 2015.

Oktaviana, E. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama dengan Memanfaatkan Cerita dalam Video Lukisan Pasir Karya Ksenia Simonova. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universiatas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (Online), (http://bsnp-indonesia.org/-id/wpcontent/uploads-/isi/SMP-MTS.zip), diakses 26 Februari 2015.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs. (Online), (http://direktori.madrasah.kemenag.go.id/media/files/Permen-dikbud68-TH2013.pdf), diakses 26 Februari 2015.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA. (Online), (http://direktori.madrasah.kemenag.go.id/media/files/Permendikbud69TH20-13.pdf), diakses 26 Februari 2015.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2012. 13 Prosiding Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-5, Labuan Bajo, NTT 16—19 Oktober 2012. (Online), (http://www.pnri.go.id/Attachment/BukuElektro-nik/KPDI-5/index.html), diakses 10 Maret 2015.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Puskurbuk. 2013. Instrumen D: Penilaian Buku Panduan Pendidik. (Online), (http://www.puskurbuk.net/downloads/viewing-/Perbukuan/instrumen_penilaian_BNTP/Pengayaan+PANDIK.pdf/), diakses 23 Maret 2016.

Santos, A. 2013. McGraw‐Hill reveals the SmartBook: An Adaptive E‐Book for Students. (Online), (http://www.engad-get.com/2013/01/08/mcgrawhill-smartbook/), diakses 22 Mei 2015.

Santosa, I. N. 2014. Pengembangan Buku Teks Bahasa Inggris Kontekstual Sebagai Upaya Menciptakan Situasi Belajar Aktif Bagi Siswa Kelas VII SMP. e-Journal PPs Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4: 1—12. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=259431&val=7034&title=pengembangan/buku/teks/bahasa/inggris/kontekstual/sebagai/usaha/menciptakan/situasibelajar/aktif/bagi/siswa/kelas/vii/smp), diakses 6 Juni 2015.

SEAMOLEC. 2012. SEAMOLEC Appstore. (Online), (http://seamarket.seamo-lec.org/apps), diakses 9 November 2014.

Sharma, C. B. 2003. Evaluation of Multimedia. Dalam Reddi, Usha V. and Mishra, Sanjaya (Eds.), Educational Multimedia: A Handbook for Teacher-Developers (hlm 53—62). New Delhi: Commonwealth Educational Media Centre for Asia.

Suhaedir, Y. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Eksposisi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Wulandari, D. 2012. Mengembangkan Perpustakaan Sejalan dengan Kebutuhan Net Generation. (Online), (http://www.pnri.-go.id/iFileDownload.aspx?ID=AttachmentMajalahOnlineDIAN_WULANDARI_Mengembangkan_Net_Generation.pdf), diakses 22 Mei 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License