HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL DENGAN KEMATANGAN VOKASIONAL SISWA SMK

Lativa Hartiningtyas, Purnomo Purnomo, Hakkun Elmunsyah

Abstract


This research was held on all students SMK TKJ (computer and network engineering) in Tulungagung district. The purpose of this research was to study the relationship between self regulated learning and internal locus of control as independent variables and vocational maturity as a dependent variables. The population of this research was the whole grade XI program study computer and network engineering in Tulungagung district which amounts to 337 students. The sampling techniques used in this research was the proportionate random sampling. The number of samples in this research was 182 students. This research used a quantitative approach with the kind of research was descriptive correlational. The reserach instruments used questionnaire about self regulated learning, internal locus of control, and vocational maturity with Likert scale which used 4 scales. Analysis data analysis this research used the correlation product moment to observe the relationship between independent variables with dependent variable partially and multiple regression analysis to figure out the relationship between independent variables with dependent variable simultaneously. Based on the data analysis can be observed that the coefficient of correlation between X1 with Y was 0,511 and coefficient of correlation between the variable X2 with Y was 0,576.

Penelitian ini dilaksanakan pada SMK TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) se-Kabupaten Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara self regulated learning dan locus of control internal sebagai variabel bebas (independent) dengan kematangan vokasional sebagai variabel terikat (dependent) pada siswa SMK. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Paket Keahlian TKJ di Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 337 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 182 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan berupa angket self regulated learning, locus of control internal, dan kematangan vokasional yang menggunakan skala Likert dengan 4 skala. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial dan analisis regresi ganda untuk mengetahui hubungan secara simultan antara variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan analisis data dapat diketahui koefisien korelasi antara X1 dengan Y adalah sebesar 0,511 dan koefisien korelasi antara variabel X2 dengan Y adalah sebesar 0,576.


Keywords


self regulated learning; internal locus of control; vocational maturity; kematangan vokasional

Full Text:

PDF

References


Achadiyah, B. N. dan Laily, N. 2013. Pengaruh Locus of Control terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2): 11—18.

Adicondro, N. dan Purnamasari, A. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga, dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, 8(1): 17—27.

Aini, P. N. dan Taman, A. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1): 48—65.

Amadi, C. C., Joshua, M. T., dan Asagwara, C. G. 2007. Assesment of the Vocational Maturity of Adolescent Students in Owerri Education Zone of Imo State, Nigeria. J. Hum. Ecol., 21(4): 257—263.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bhandari, R. dan Lingzay, T. 2014. Vocational Maturity of Senior Secondary School Students in Relation to Their Family Environment. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 2(14): 2138—2145.

Erman, K. A., Şahan, A., Balci, Y. K. 2015. The Vocational Maturity of School of Physical Education and Sports Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174 (2015): 2380—2383.

Fitriana, L. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Tesis tidak diterbitkan: PPS UNS.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hajar, S. 2008. Hubungan antara Kemandirian Belajar dan Kreativitas Seni Tari Dengan Minat Belajar Matakuliah Koreografi di ISI Surakarta. Tesis tidak diterbitkan: PPS UNS

Hidayati, D. I. dan Suparno. 2012. Hubungan Antara Kematangan Vokasional Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami Surakarta, 21 April 2012, 216—223.

Ida dan Dwinta, C. Y. 2010. Pengaruh Locus of Control, Financial Knowledge, Income, terhadap Financial Management Behavior. JURNAL BISNIS & AKUNTANSI, 12(3): 131—144.

Jatmoko, D. 2013. Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan terhadap Kebutuhan Dunia Industri di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1): 1—13.

Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 7013/D/KP/2013 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan

Mulyaningsih, I. E. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20( 4): 441—451.

Nadirsyah dan Zuhra, I. M. 2009. Locus of Control, Time Budget Pressure dan Penyimpangan Perilaku Dalam Audit. JURNAL TELAAH & RISET AKUNTANSI, 2(2): 104—116.

Özkamali, E., Cesuroğlu, Ş.G., Hamamci, Z., Buğa, A., Çekiç, A. The Investigation of Relationships between Vocational Maturity and Irrational Career Beliefs. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116 ( 2014 ) 3072—3074.

Pitono, J. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Praktik Kerja Industri/Instansi dan Kemandirian Belajar terhadap Mutu Lulusan Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri Surakarta. Tesis tidak diterbitkan: PPS UNS.

Pratama, B. D. dan Suharnan. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus of Control dengan Kematangan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi Indonesia (Persona), 3(3): 213—222.

Purnomo, R. dan Lestari, S. 2010. Pengaruh Kepribadian, Self-Efficacy, dan Locus of Control terhadap Persepsi Kinerja Usaha Skala Kecil dan Menengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 17(2): 144—160.

Putri, A. K. 2014. Pengaruh Locus of Control dan Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan. Tesis tidak diterbitkan: PPS UNS.

Rachmayani, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. JURNAL UNSIKA, 2(1): 13—23.

Rifai, I. 2012. Hubungan Antara Locus of Control Internal dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Wates Tahun Pelajaran 2012/2013. E Journal Bimbingan Konseling, 1(1). (Online), (journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/1934/90/206), diakses 10 Desember 2015.

Riduwan. 2007. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ridwan dan Kuncoro. 2013. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Rogahang, S. D. 2011. Kematangan Vokasional Siswa SMK Negeri 2 Manado. ELEKTROMATIKA, 1(1): 33—43.

Rotter, J. B. 1990. Internal Versus External Control of Reinforcement. A Case History of a Variable. Copyright 1990 by the American Psychological Association, Inc. 0003-066X/90/$00.75, 45(4): 489—493.

Subekti, E. 2006. Kematangan Vokasional Ditinjau dari Identitas Diri dan Kemandirian pada Remaja Akhir. (Online),(etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail⊂=PenelitianDetail&act=view&typ =html&buku_id=33030), diakses 20 Desember 2015.

Sudana, I. M. 2014. Model Pendidikan Soft Skill untuk Calon SMK. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7 FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13 s.d.14 November 2014.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukisno. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Klarifikasi Nilai dan Locus Of Control Terhadap Kemampuan Berpendapat Mahasiswa. Varia Pendidikan, 26 (2): 182—193.

Sunarsih, T. 2009. Hubungan antara Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Bimbingan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKES A. YANI Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: PPS UNS

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Supriyati. 2013. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Melalui Layanan Bimbingan Klasikal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Veteran Semarang, 1(1): 44—57.

Utami, I, Noegroho Y. A. K, dan Indrawati, F. 2007. Pengaruh Locus of Control, Komitmen Profesional, Pengalaman Audit terhadap Perilaku Akuntan Publik dalam Konflik Audit dengan Kesadaran etis Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 4(2): 193—210

Valle, A., Núñez, J.C., Carlos, J., Cabanach, R.G., González‐Pienda, J.E., Rodríguez, S., Rosario, P., Cerezo, R., & Muñoz‐Cadavid, M.A. 2008. Self‐Regulated Profiles and Academic Achievement. Psicothema, 20(4), 724—731.

Veronika, Hurriyati, D., dan Mawardah, M. Hubungan antara Locus of Control dengan Kematangan Karir pada Karyawan KFC di Palembang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma Palembang 2015, 1—15.

Wagiran, Munadi S, dan Fathudin S. 2012. Pengembangan Model Penguatan Soft Skills dalam Mewujudkan Calon Guru Kejuruan Profesional Berkarakter. JURNAL KEPENDIDIKAN, 44(1): 92—102.

Widyaninggar, A. A. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus Of Control) terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 4(2): 89—99.

Wiriani, W. 2011. Efek Moderasi Locus Of Control Pada Hubungan Pelatihan Dan Kinerja Pada Bank Perkreditan Rakyat Di Kabupaten Badung. Tesis tidak diterbitkan: PPS UNIVERSITAS UDAYANA.

Zimmerman, B. J. 1990. Self regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25 (1), 3—17.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License