PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN MODUL PROGRAM KRPL UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SD ISLAM MOH. HATTA MALANG

Bonny Timutiasari, Mimien Henie Irawati Al-Muhdhar, Suhadi Suhadi

Abstract


The results of observations in November 2015 in SD Islam Moh. Hatta Malang shows that activities related to science learning done using more discussion. This thing makes science learning activities becomes less meaningful. One solution that can be done is to provide differentiated learning. Learning that used is the project-based learning (PjBL) assisted module of KRPL program. Some aspects that can be measured during PjBL learning activities is the science process skills and attitude of care for the environment. The average yield environmental gains caring attitude of students before and after PjBL are respectively 85.20 % and 95.04 %. The average yield of the acquisition of science process skills percentage of students respectively were 71.75 %, 74.32 % and 81.96 %.

Hasil observasi pada bulan November 2015 di SD Islam Moh. Hatta Malang menunjukkan bahwa kegiatan belajar terkait IPA lebih banyak dilakukan dengan menggunakan kegiatan diskusi. Hal ini membuat kegiatan pembelajaran menjadi kurang bermakna. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pembelajaran yang berbeda. Pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek (PjBL) berbantuan modul program KRPL. Beberapa aspek yang dapat diukur selama kegiatan pembelajaran PjBL adalah keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan. Hasil rata-rata perolehan sikap peduli lingkungan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran berturut-turut adalah 85,20%, dan 95,04%. Hasil rata-rata perolehan persentase keterampilan proses sains siswa berturut-turut adalah 71,75%, 74,32% dan 81,96%.


Keywords


project based learning; module of KRPL program; attitudes care for Environment; science process skills; pembelajaran berbasis proyek; modul program KRPL; sikap peduli lingkungan; keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Aisyi, F. K., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. 2013. Pengembangan Bahan Ajar TIK SMP Mengacu pada

Pembelajaran Berbasis Proyek. Invotec. Vol.IX. (2): 117—128.

Akinbobola, A. O. & Afolabi, F. 2010. Analysisi of Science Process Skills in west African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Svientific Research, 5 (4): 234—240.

Al Muhdhar, M. H. I.2015. Draft Pedoman Pengembangan Kampung Organik. Laporan Penelitian tidak diterbitkan.Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2008. Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP: Teknik Penyusunan Modul. Direktorat Pembinaan

Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Narwanti, S. 2013. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Familia: Yogyakarta.

Ningrum, E. 2009. Kompetensi Profesional Guru dalam Konteks Strategi Pembelajaran.

O’Neill, G dan McMahon, T. 2005. Student Centered Learning: WHAT DOES IT MEAN FOR STUDENTS AND LECTURERS?. Emerging Issues in the Practice of University Learning and Teaching. AISHE: Dublin.

Rais, M. 2010. Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thomas, J. W. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. The Autodesk Foundation: California.

Yulianti, S., Fatmaryanti, S.D., & Azizah, N. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Project Based Learning untuk

Mengoptimalkan Life Skills pada Siswa Kelas X SMA N 1 Petanahan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Radiasi. Vol.

No.1:40—44.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License