PENERAPAN PENDEKATAN SAVI BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN I SANAN GIRIMARTO WONOGIRI

Sarnoko Sarnoko, Ruminiati Ruminiati, Punadji Setyosari

Abstract


The purpose of this study is to describe the improvement of the activity and learning outcomes IPS through SAVI approach by video learning. This research used qualitative approach and the form of this research is classroom action research. This research done by collaboration with the researcher and sixth grade teacher. The subject of this research is the sixth grade students of SDN I Sanan Girimarto in 2015/2016 academic year that consist of 14 students. The instrument of collecting data used observation, interview, test, and fields note. The technique of analyzing data used descriptive qualitative analysis. This research is consists of two cycles and each cycles consist of four stage that is planning, action, observation and reflection. The result of this research is percentage of learning activity in cycle I is 64, 29% (9 students) increase 85, 71% in cycle II (12 students). The percentage of learning outcomes in cycle I is 71, 43% (10 students) increase 45,72% in cycle II (12 students). Based on the research that have been implemented, it can bo concluded that improve the activity and learning outcomes used savi approach by video learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru kelas IV. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN I Sanan Girimarto tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 4 perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan bersamaan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yaitu persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 64,29%(9 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71% (12 siswa). Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 71,43%(10 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71% (12 siswa). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran.


Keywords


SAVI approach; learning video; activity and learning outcomes; Pendekatan SAVI; video pembelajaran; aktivitas dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakartara: Raja Grafindo Persada.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. 2009. Hanbook of Qualitative Research. Edisi Pertama, Terjemahan oleh Dariyatno, Fata, Abi, Rinaldi, J. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ena, O. T. 2007. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi, (Online), (http:// www. ialf. edu/ kipbipa/papers/oudateda/Ena.doc), diakses 7 Oktober 2015.

Meier, D. 2002. The Accelerated Learning Handbooks. Bandung: MMU (Mizan Media Utama).

Permini, N. L. D., Sulastri, M. & Rati, N.W. 2014. Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1), (Online), (http://e-journal.undiksha.ac.id/ index.php/ JJPGSD/article/view/4409), diakses 12 September 2015.

Sadiman, A. S. 1993. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Pranada Media.

Sapriya. 2015. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slamet. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar PKn Materi Memahami Peraturan Perundang-undangan Tingkat Pusat dan Daerah melalui Pendekatan “SAVI”. Jurnal Pendidikan Provision,3 (2): 64—71.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License