PENGEMBANGAN BOOKLET PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGETAHUAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DI KOTA MALANG

Ferdiana Ferdiana, Mimien Heni Irawati Al-Muhdhar, Suhadi Suhadi

Abstract


The aim of the research is to arrange, test, practicality and effectiveness of the Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) and to comprehend the environmental knowledge of Malangness. The study consists of two phases which involves; developmental research and experimental of the developmental research result. Developmental research phase is the outcome implementation of previous studies which are arranged in the booklet form as an educational resource to the community. The research was using quasy experiment method. This research is the developmental result application then applied to the community with quasy experiment method. The study was using Borg and Gall development model while the data analysis used Anacova (Analysis Covariates). The research results showed that the eligibility test, the practicality and the effectiveness found in 90.5% for the media experts, 76.1% for the materials experts. The test showed that the data is feasible to implement and field practitioners stated that it is eligible to apply. In the small scale test of the experimental research found 80% and showed that it was suitable to be continued on a wide scale test. The results of the analysis on a wide scale test questionnaire environmental knowledge showed that there is a different knowledge between two areas which are Bareng and Bandungrejosari. It can be seen that F calculated is generated is 4.829 with 0.033 significance, the score is less than 0.05.

Tujuan penelitian adalah menyusun, menguji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan booklet program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan untuk mengetahui pengetahuan lingkungan untuk masyarakat di Kota Malang. Penelitian ini terdiri atas dua tahap penelitian yaitu penelitian pengembangan dan penelitian eksperimen dari hasil penelitian pengembangan. Tahap penelitian pengembangan merupakan penerapan hasil penelitian terdahulu yang disusun dalam bentuk booklet sebagai sumber pendidikan kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment Penelitian ini merupakan penerapan dari hasil pengembangan kemudian diterapkan kepada masyarakat dengan quasy eksperiment. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Analisis data menggunakan uji Anakova (Analisis Kovariat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan didapatkan pada ahli media 90,5%, ahli materi 76,1%, menyatakan bahwa sudah layak untuk diterapkan dan praktisi lapangan menyatakan sudah layak untuk diterapkan. Pada hasil penelitian eksperimen didapatkan pada uji skala kecil didapatkan sebesar 80% menunjukkan sudah layak dilanjutkan pada uji skala luas. Hasil analisis pada uji skala luas didapatkan bahwa pada angket pengetahuan lingkungan adanya perbedaan pengetahuan diantara dua daerah Bareng dan Bandungrejosari dapat diketahui bahwa F hitung yang dihasilkan adalah sebesar 4,829 dengan signifikasi 0,033, nilai tersebut kurang dari 0,05.


Keywords


kawasan rumah pangan lestari (KRPL); booklet; environmental knowledge; pengetahuan lingkungan

Full Text:

PDF

References


Ashari, Saptana & Purwantini, T. B. 2012. Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonimi. Vol 30 no. 1 hal 13—30.

Badan Litbang Pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Jakarta. 26 Halaman.

BBP2TP. 2011. Petunjuk Pelaksanaan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan

Teknologi Pertanian Bogor. 43 Halaman.

BPS Indonesia. 2010. Republik Negara Indonesia. Badan Pusat Statistika Negara Indonesia.

Borg & Gall. 1983. Educational Research an Introduction. Chicago: RarMcNally.

Rika, S. S. 2015. Pengembangan Modul Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Pendekatan Sains Lingkungan Teknologi dan

Masyarakat Sebagai Upaya dalam Pengembangan Sikap Peduli Lingkungan. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License