STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN DOSEN DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH (STUDI MULTI KASUS PADA UNISDA DAN STAIDRA DI KABUPATEN LAMONGAN)

Nafilatur Rohmah, Muhammad Huda A Y, Kusmintardjo Kusmintardjo

Abstract


The vision of the university always aims at Tridharma of University. One of the implementation of Tridharma of University is scientific work. To achieve the vision is needful of strategy. Purpose of this research is to describe the strategy of improving lecturer’s quality in writing scientific work. This research was descriptive qualitative approach. The results of this study indicates that: first, the institution has purposes in doing the strategy of improving lecturer’s ability in writing scientific work. Second, the implementation of strategy of improving lecturer’s ability writing scientific work contains of training, forming of lecturer scientific forum, the betterment of publication facility, funding the research and society submission, and giving the incentive as the appreciation. Third, there are motivation factor and obstacle in implementating the strategy.

Visi perguruan tinggi selalu mengarah pada Tridharma Perguruan Tinggi. Salah satu wujud Tridharma Perguruan Tinggi adalah karya ilmiah. Untuk mencapai visi diperlukan sebuah strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perguruan tinggi memiliki tujuan-tujuan dalam melakukan strategi peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan karya ilmiah; kedua, bentuk-bentuk strategi terdiri dari pelatihan, pembentukan forum ilmiah dosen, perbaikan fasiitas publikasi, pemberian bantuan dana penelitian dan pengabdian masyarakat, serta pemberian insentif sebagai penghargaan; ketiga, terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi.


Keywords


strategy; lecturer; lecturer’s ability; scientific work; strategi; dosen; kemampuan dosen; karya ilmiah

Full Text:

PDF

References


Alkhafaji, Abbas F. 2003. Strategic Management: Formulation, Implementatio, and Control in a Dynamic Environment. New York: The Haworth Press.

Armstrong, Michel. 2008. Strategic Human Resources Management: A Guide to Action. 4 th Edition. Philadelphia: Kogan Page

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. 1998. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Alih bahasa: Munandir. Jakarta: Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktifitas Instruksional Universitas Terbuka.

Buku VI Matriks Penilaian Instrumen Akreditasi Program Studi Sarjana. 2008. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan nasional tahun 2010 tentang Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2014. Panduan Pengajuan Proposal Insentif Artikel Pada Jurnal Internasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online). http://simlitabmas.dikti.go.id. Diakses pada 2 Januari 2016.

Hill, C.W.L dan Jones, G.R. 1995. Strategic Management Theory: An Integrated Approach. Boston: Houghton Mifflin.

Mantja, W. 2007. Etnografi: Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Mas.

Nawawi, H. 2005. Manajemen Strategik: Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan: Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siagian, S. P. 2008. Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sonhadji, A dan M. Huda A.Y. 2014. Assesmen Kebutuhan, Pengambilan Keputusan, dan Perencanaan: Matarantai dalam Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS)

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Widodo, S.E. 2011. Manajemen Mutu Pendidikan: Untuk Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Ardadizya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License