IMPLIKASI PROGRAM SARJANA MENGAJAR PADA SMK DI JAWA TIMUR

Riana Nurmalasari, Mardji Mardji, Andoko Andoko

Abstract


The goals of this research is to describe more fully about the implications sarjana mengajar program in terms of success for fulfillment of vocational high school teachers, learning management, and improving the quality of learning. This research is qualitative descriptive study with multi-site research. The techniques of data analysis is descriptive qualitative analysis. Based on the data analysis results, there were three conclusions. First, sarjana mengajar program was on target for fulfillment of vocational high school teachers in the school target. Second, the role of sarjana mengajar participants for developing learning management in school target was already quite good, but still need improvement in some aspects of that learning objectives can actually be achieved. Third, sarjana mengajar program had a role to improving the quality of learning in schools target, but still needed more in-depth scrutiny to continue improving the quality of learning.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara lebih dalam terkait implikasi program sarjana mengajar ditinjau dari segi keberhasilan dalam pemenuhan guru SMK, manajemen pembelajaran, dan peningkatan mutu pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitiannya yaitu studi kasus multisitus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh 3 kesimpulan. Pertama, program sarjana mengajar tepat sasaran dalam pemenuhan guru SMK di sekolah tujuan program. Kedua, peran peserta sarjana mengajar dalam mengembangkan manajemen pembelajaran di sekolah tujuan program sudah cukup baik, namun masih perlu adanya perbaikan pada beberapa aspek agar tujuan pembelajaran benar-benar dapat dicapai. Ketiga, program sarjana mengajar turut berperan dalam peningkatan mutu pembelajaran pada sekolah tujuan program, namun masih diperlukan pengawasan yang lebih mendalam untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran.


Keywords


sarjana mengajar; teacher; vocational high school; implikasi; sarjana mengajar; pemenuhan guru; SMK

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2014. Guru Produktif SMK, (Online), (http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/10/27/ne3cnf-dicari-7000-guru-produktif-smk-tiap-tahun), diakses 28 November 2015.

Anonim. 2013. Panduan Workshop Pembekalan Pemenuhan Guru Produktif SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harjanto. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasruddin. 2008. Memimpin Proses Pembelajaran Berorientasi pada Pencapaian Kompetensi. Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan. 18(11): 47—55.

Irmayanti, L.P Susy, dkk. 2013. Kontribusi Persepsi Siswa tentang Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran, Kemampuan Verbal, dan Ekspektasi Karir Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA pada SMAN di Kecamatan Tabanan. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Prodi Administrasi Pendidikan. 4(1): 1—13.

Iskandar, F. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Program Pendampingan Penyelenggaraan Pendidikan Kejuruan Direktorat Pembinaan SMK. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: FISIP UI.

Leluhur, W. 2012. Pengaruh Persepsi Pembelajaran Model Artikulasi dengan Media LCD Proyektor dan Tingkat Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 1 Licin Semester 2 2011/2012. Jurnal Ilmiah Progresif. 9(25): 79—111.

Lin, R, dkk. 2010. The Relationship between Teacher Quality and Teaching Effectiveness Perceived by Students from Industrial Vocational High Schools. Asian Journal of Art and Science. 1 (2): 167—187.

Magno, C & Sembrano, Josefina. 2007. The Role of Teacher Efficacy and Characteristics on Teaching Effectiveness, Performance, and Use of Learner- Centered Practices. The Asia Pacific Education Researcher. 16(1): 73—90.

Masdiana, et al. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi pada Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. 3(2): 190—204.

Martens, dkk. 2007. New Learning Design in Distance Education: The Impact on Student Perception and Motivation. Journal Distance Education. 28(1): 81—93.

Narwoto. 2013. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Teori Kejuruan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 (2): 222—233.

Nurmalasari, R. 2014. Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Program Sarjana Mengajar dan Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif pada Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMKN 1 Pujon. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Partin, R. 2009. The Classroom Teacher’s Survival Guide (3th ed). San Fransisco: John Wiley&Sons.

Sakti, I. N. 2013. Laporan Pengalaman Lapangan 2. Laporan tidak diterbitkan. Semarang: UNES.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sujati, H. 2015. Analisis Kebijakan Penataan Guru PNS. Prosiding Universitas PGRI Semarang 2015. 367—373.

Sumarno, Wu & Dhariva Urwatul. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Pokok Kalkulus SMA Kelas XI Semester 2. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2): 257—267.

Sunandar. 2006. Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1(2): 1—13.

Sutarjo. 2014. Supervisi Pengawas & Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Unsika. 2(1): 105—117.

Suhardan, D. 2007. Efektivitas Pengawasan Profesional dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Era Otonomi Daerah. Journal Educationist. 1(1): 57—65.

Suprastowo, P. 2013. Kajian tentang Tingkat Ketidakhadiran Guru SD dan Dampaknya terhadap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19 (1): 31—49.

Taufina. 2009. Authentic Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 9(1): 113—120.

Tim Manajemen Pendidikan UM. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: UM Press.Wen. 2003. Future of Education. Batam: Lucky Publishers.

Toht, P. 2012. Learning Strategies and Style in Vocational Education. Acta Polytechnica Hungarica. 9 (3): 195—216.

Widarto, et al. 2007. Peranan SMK Kelompok Teknologi terhadap Pertumbuhan Manufaktur. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Depdiknas.

Vamela, dkk. 2012. Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran oleh Guru Non PKN di SMA Bina Mulya Kedaton Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(1): 1—15.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License