PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN KEDELAI SEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Maria Monicha Faot, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Abstract


Modules are printed instructional materials were studied independently by students to achieve the expected competencies. The module was developed based on research by the authors of the correlation and path analysis of agronomic characters some promising lines resistant soy CpMMV (cowpea mild mottle virus). This study aims to produce modules soybean crop cultivation techniques as teaching material vocational students. Module development using the 4D model Thiagarajan. Results matter expert validation criteria of 79,55% with "good" and the expert module development amounted to 94.23% with the criteria of "very good”.

Modul merupakan bahan ajar cetak yang dipelajari secara mandiri oleh siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Modul dikembangkan berdasarkan hasil penelitian oleh penulis mengenai korelasi dan analisis jalur karakter agronomi beberapa galur harapan kedelai tahan CpMMV (cowpea mild mottle virus). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul teknik budidaya tanaman kedelai sebagai bahan ajar siswa SMK. Pengembangan modul menggunakan model 4D Thiagarajan. Modul divalidasi oleh ahli materi, ahli pengembangan modul dan praktisi oleh guru. Hasil validasi ahli materi sebesar 79,55% dengan kriteria “baik”, ahli pengembangan modul sebesar 94,23% dengan kriteria “sangat baik”.


Keywords


module; agronomic; CpMMV; cultivation techniques modul; agronomi; CpMMV; teknik budidaya tanaman

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Harriman, C. J., Abraham, A.N., Chuka, C.O., Nonso, K.N. 2016. Influence of Genotype on the Expression of Host Plant Resistance in Soybean (Glycine Max (L.) Mirrill) to the Major Insect Pests of Soybean in Umudike. The Journal of Middle East

and North Africa Sciences, 2(2):48—55.

Indriyanti, N.Y. & Endang, S. 2010. Pengembangan Modul. Surakarta: Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas

Sebelas Maret.

Mahbub, M.M., M.M. Rahman, M.S. Hossain, F. Mahmud dan M.M. Mir Kabir. 2015. Genetic Variability, Correlation and Path

Analysis for Yield and Yield Components in Soybean. American-Eurasian J. Agric. & Environ. Sci, 15 (2): 231—236.

Mawantia, T., Fauziatul F., & Dermawan A. 2013. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada

Pokok Bahasan Reaksi Oksidasi Reduksi Untuk Siswa SMK Kelas X, (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/

diakses 07 Maret 2016.

Parmin & E. Peniati. 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian

Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 1 (1) (2012) 8—15.

Parsons, J. 1975. Modular Instruction, James D. Russell, Minneapolis: Bugess Publishing Company, 1974, Book Reviews.

Journal of Extension: July—August, 1975. Halaman 31-32. (Online), (http://www.joe. org/joe/1975july/1975-4-

brv1.pdf), diakses 31 Oktober 2015.

Setyoko. 2014. Struktur Komunitas Makrozoobenthos di Area Mangrove Pantai Bukit Barisan Kabupaten Bengkalis sebagai

Modul Ekologi Hewan di Perguruan Tinggi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sungkono. 2010. Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran, (Online),

(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files /penelitian/Sungkono/M.Pd), diakses 06 November 2015.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional

Children: A Sourcebook. Bloomington, Indiana: The Center for Innovation in Teaching the Handicapped Indiana

University.

Yulianto, 2011. Dasar-dasar Budidaya Tanaman, (Online), (https://politeknikcitrawidyaedukasi.files.

wordpress.com/2011/11/bahan-kuliah-dasar-budidaya-sebelum-uts.pdf), diakses 5 Maret 2016.

Zubaidah, S., A. D. Corebima., Saleh, N. & Heru K. 2009. Pembentukan Varietas Unggul Kedelai Tahan CpMMV

(Cowpea Mild Mottle Virus) Berdaya Hasil Tinggi. Ringkasan Eksklusif Hasil-Hasil Penelitian Tahun 2009. Malang:

Kerjasama kemitraan Penelitian Pertanian dengan Perguruan Tinggi (KKP3T).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License