HUBUNGAN PREFERENSI BEMISIA TABACI TERHADAP KETAHANAN BERBAGAI GALUR HARAPAN DAN VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERILL) TAHAN CPMMV (COWPEA MILD MOTTLE VIRUS) SEBAGAI BAHAN AJAR PENGENDALIAN HAMA TANAMAN

Rimbi Paulina Dewi, Fatchur Rohman, Siti Zubaidah

Abstract


Teaching materials is a set of instrument or learning instrument containing learning materials, methods, limitations, and how to evaluate systematically designed and attractive in order to achieve the expected goals of achieving competence or sub competence in all its complexity. The purpose of this paper to introduce B. tabaci which act as vectors CpMMV virus on soybean and its relation to the resilience of promising lines of soybean that can be used as teaching materials student. This research was conducted at the Experimental Garden Jambegede, Malang. The results showed that the relationship between preference B. tabaci character CpMMV resistance is directly proportional, meaning that the increasing preference of Bemisia tabaci CpMMV will increase the intensity of attacks that can be used as teaching materials.

Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. Tujuan penulisan ini untuk mengenalkan B.tabaci yang berperan sebagai vektor virus CpMMV pada tanaman kedelai dan hubungannya terhadap ketahanan galur-galur harapan kedelai yang dapat dijadikan bahan ajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan Jambegede, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kecenderungan karakter ketahanan terhadap CpMMV pada 10 galur dan varietas Gumitir akan lebih baik bila preferensi B. tabaci rendah dan sebaliknya karakter ketahanan terhadap CpMMV akan lebih rendah bila preferensi B. tabaci tinggi, tetapi pada varietas Wilis menunjukkan bahwa data tersebut sangat tidak berkorelasi. akan menurunkan ketahanan kedelai hasil penelitian ini yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar.


Keywords


preferences; B. tabaci; vector; soybeans; CpMMV; teaching materials; preferensi; B. Tabaci; vektor; kedelai; CpMMV; bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Hayat, M., Anggraini, S., & Redjeki, S. 2011. Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Konsep Invertebrata untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioma, 1(2): 141—152.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan. (Online), https://denstea.files.wordpress.com/2013/05/kurikulum-silabus-agribisnis-tanaman-_rev-14052013_.pdf), diakses November 2015.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. (Online), http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf), diakses Januari 2016.

Margunayasa, G.I. & Riastini, P. N. 2014. Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Pada Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1): 348—358.

Maryati & Susilo, J. S. 2014. Identifikasi Potensi Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X di Sekitar Goa Jepang Kabupaten Bantul untuk Materi Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Semak. JUPEMASI-PBIO, 1(1): 117—120.

Ruhimat, T. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Setyaningrum, R., Sriyono. & Ashari. 2013. Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika Siswa SMA Negeri Kabupaten Purworejo. Jurnal Radiasi, 3(1): 83—86.

Widjajanti, E., Marfuatun., dan Utomo, P. 2011. Upaya Peningkatan Pemahaman Konseptual dan Keterampilan Proses Ilmiah Mahasiswa Pada Praktikum Kimia Fisika II Melalui Model Daur Belajar 7E. Makalah diseminarkan pada Seminar Nasional Kimia, Jurusan Pendidikan, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta pada 26 November 2011.

Widodo, C. dan Jasmadi. 2008. Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winarti, T. dan Nurhayati, S. 2012. Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2): 1409—1420.

Wulandari, V.C.P., Masjhudi. & Balqis. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, 2(2): 1—8.

Zubaidah, S., Corebima, A.D. & Kuswantoro, H. 2010. Pembentukan Varietas Unggul Kedelai Tahan CpMMV (Cowpea Mild Mottle Virus) Umur <80 Hari Berdaya Hasil Tinggi (Potensi Hasil >2,5 T/HA) dan Kehilangan Hasil <10%. Ringkasan Eksekutif Hasil-hasil Penelitian Tahun 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License