PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI TASC DIPADU IMINDMAP

Putri Nuur Masita, Susriyati Mahanal, Hadi Suwono

Abstract


Learning outcomes are the embodiment ability due to changes in current behavior of education. Improving the quality of education can be the beginning of the learning process in which there are iteration between teachers and students. Teachers must create strategies to facilitate students with different abilities to be active in learning. The purpose of this study is to improve student learning outcomes through strategies TASC combined iMindMap. Research was conducted at SMAN 4 Sidoarjo 2015/2016 school year, the class X MIA 3 by the number of students 39. The research was quasi experimental with pretest-posttest control group design. The results obtained showed that the mean score on the pretest of student learning outcomes by 60 and increased the posttest with a mean score of 84. Mastery learning outcomes of students reached 97%. Based on the results of this study concluded that learning strategies TASC combined with iMindMap can improve student learning outcomes.

Hasil belajar adalah perwujudan kemampuan akibat perubahan perilaku yang dilakukan oleh usaha pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan dapat diawal dari proses pembelajaran yang didalamnya terdapat interaksi antara guru dan siswa. Guru harus membuat strategi untuk memfasilitasi siswa dengan kemampuan yang berbeda agar aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi TASC dipadu iMindMap. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Sidoarjo tahun ajaran 2015/2016, di kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa 39. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rerata hasil belajar siswa pada pretest sebesar 60 dan meningkat pada posttest dengan rerata skor 84. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 97%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi TASC dipadu iMindMap dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


learning outcomes; TASC; iMindMap; hasil belajar; TASC; iMindMap

Full Text:

PDF

References


Asmara, R. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan TASC (Thinking Actively in a Social Context) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Buzan, T. 2005. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, T. 2006. Why Mind Mapping Works-The Proof is Here!. (Online) 6 (http://www.imindmap.com/articles/mindmappingworks.aspx ), diakses 29 Juli 2015.

Gardner, H. 2003. Multiple Intelligence. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Jakarta: Interaksara.

Kusumawati, S. N. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Otak melalui Learning Cycle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMK Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology 3rd. USA: McGraw-Hill.

Sousa, D. A. 2012. Bagaimana Otak Belajar Edisi Ke-empat. Jakarta: PT. Indeks.

Tsaney, K. 2015. Pengembangan perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing dengan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Siswa SMP Materi Kalor. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Tukan, D. D. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model TASC (Thinking Actively in a Social Context) pada Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah VOX Edukasi Vol. 1 No. 1 Maret 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License