PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRAINING WITHIN INDUSTRY (TWI) DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MOTIVASI SERTA KESIAPAN KERJA BIDANG TEKNIK BUBUT SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SE-KABUPATEN GRESIK

Tulus Budi Hartoyo, Mardji Mardji, Ahmad Dardiri

Abstract


This of research aims to assess the empirical findings on the effect of the learning model Trainin Within Industry (TWI), industrial practices work experience, and motivation to work readiness mechanical turning vocational students skills competency mechanical machining in Gresik. Ex post facto cross-sectional research using a non-experimental design. Subjects study involved 214 students mechanical machining in 4 SMK located in gresik. data obtained by the questioner, and then analyzed by path analysis. The results of this research indicate that: (1) there are significant effect simultaneously between learning model TWI and Prakerin on the motivation of sign the world of work, (2) there are significant effect simultaneously between models TWI, Prakerin, and motivation of sign the world of work on the work readiness mechanical turning vocational students skills competency mechanical machining in Gresik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji temuan empirik tentang pengaruh model pembelajaran Trainin Within Industry (TWI), pengalaman praktik kerja industri, dan motivasi terhadap kesiapan kerja bidang bubut siswa SMK kompetensi Keahlian Teknik Mesin se-Kabupaten Gresik. Penelitian crossectional ex post facto ini menggunakan desain non-experimen. Subjek penelitian 214 siswa Teknik Pemesinan di 4 SMK yang berada di kabupaten Gresik. Data diperoleh dengan quesioner, kemudian dianalisis dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara simultan antara model pembelajaran TWI dan Prakerin terhadap motivasi masuk dunia kerja, (2) terdapat pengaruh secara simultan antara model TWI, Prakerin, dan motivasi masuk dunia kerja terhadap kesiapan kerja bidang bubut siswa SMK Teknik Pemesinan se-Kabupaten Gresik.


Keywords


model TWI; industrial practices work experience; motivation; work readiness; pengalaman praktik kerja industry; motivasi; kesiapan kerja

Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Gagne, M & Deci, E.L. 2005. Self-determination Theory and Work Motivation. (Online), (http://onlinelibrary.wiley.com), diakses 13 Februari 2016.

Gall, J. P., & Borg, W. R. 2003. Educational Research: An introduction (7th ed.). Boston, MA: A & B Publications. (online), diakses 13 Februari 2016

Herminanto. S. 1986. Kesiapan Kerja STM Se-Jawa untuk Memasuki Lapangan Kerja. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Kartini. 1991. Menyiapkan dan Memandu Karier. Jakarta: Rajawali Pers.

Keller, J. M. 1983. Motivation Desigen of Intruction. (Online), (https://books.google.co.id), diakses 13 Februari 2016.

Ketut, D. 1993. Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Lockea, E. A & Lathamb, G. P. 2006. Work Motivation and Satisfaction: Light at the End of the Tunnel. (Online), (http://pss.sagepub.com), diakses 13 Februari 2016.

Musyasaroh, dkk. 2013. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Locus OF Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri Surakarta. Jurnal Pendidikan UNS (online), Vol 1, No 1, (http://hana_bm30@yahoo.com), diakses 25 Januari 2016.

Pratiwi, B. A. 2010. Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Prestasi Belajar Akuntansi terhadap Kesiapan Kerja Siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 1 Bantul Tahun Ajaran 2009/2010. Abstrak Hasil Penelitian UNY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian.

Ravikiran & Philippe. 2009. Internal and External Motivation Factors in Virtual and Collocated Project Environments: a principal component investigation. In International Research Network of Organizing by Projects-IRNOP 8, Brighton. (Online), (http://eprints.qut.edu.au/49512/), diakses 13 Februari 2016.

Rizali, dkk, 2009. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: PT. Gramedia.

Seo, M., Barrett, L. F., & Bartunek, J. M. 2006. The role of affective experience in work motivation. Academy of Management Review. 29(3):423—439.

Sudrajat. 2012. Pembelajaran Langsing. (Online), (http://makalahpendidikanislamismail.blogspot.co.id/2015/06/model-pembelajaran-langsung.html), diakses 10 Juni 2016.

Sulistyarini, E. P. D. 2012. Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2011/2012. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijayanti, D. 2009. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Informasi Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK N 2 Magelang. Abstrak Hasil Penelitian UNY. Yogyakarta: Lembaga Penelitian.

Wena, M. 1996. Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tarsito.

Yunus, M. 2012. Pengaruh Pembelajaran Inovatif, Kemitraan Sekolah dengan Dunia Usaha, Status Sosial Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Yusuf, A. R. 2015. Kontribusi Bimbingan Karir, Prestasi Belajar Kewirausahaan dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Motivasi serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja SMK Se-Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Zimmerman, B. J. 2000. Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. (online), (http://www.sciencedirect.com), diakses 13 Februari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License