PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENELITIAN EVOLUSI DAN FILOGENETIK MOLEKULER UNTUK MATAKULIAH EVOLUSI DI UNIVERSITAS JEMBER

Ulin Nuha, Mohamad Amin, Umie Lestari

Abstract


Molecular phylogeneticis a material which studied in Evolution Subject for undergraduete student in Biology Education Programm. This subject need contextual learning materials and allow in development and progress of science and technology developing. The general problem of student isthe low knowledge in molecular area. One solution for this problem is provide a research-based textbook based on molecular approach. The textbook was developed based on ADDIE development model. The product was validated by instructional media expert, subject matter expert, education practitioner and tested on small group (nine students). Validation results from instructional media expert, subject matter expert, education practitioner, and small group are respectively 87,14%, 91,00%, 75,78%, and 82,22% .

Filogenetik molekuler merupakan salah satu kajian yang dipelajari pada matakuliah Evolusi untuk jenjang S1 Pendidikan Biologi. Kajian ini memerlukan bahan ajar yang kontekstual dan tetap mengikuti perkembangan IPTEKS. Kendala yang muncul adalah pengetahuan mahasiswa dalam ranah molekuler masih rendah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan buku ajar berbasis penelitian denan pendekatan molekuler. Buku ajar dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE. Produk divalidasi oleh ahli media, materi, praktisi pendidikan dan diujicobakan pada kelompok kecil. Hasil validasi ahli media, ahli materi, praktisi pendidikan, dan uji coba kelompok kecil secara berturut turut adalah 87,14%, 91,00%, 75,78%, dan 82,22%.


Keywords


Pendidikan Biologi

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amin, M. 2003. Characterization and Application of Molecular Markers in the Peking Duck and Other Waterfowl Species. Dissertation: Martin-Luther University Halle-Wittenberg, Faculty of Agriculture, Institute of Animal Breeding and Husbandry with Veterinary Clinic.

Amin, M & Winaya, A. 2007. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Jawa Berbasis RFLP-DNA: Strategi Awal Konservasi dan Pembibitan. Laporan Penelitian Dasar Tahun I. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Amin, M & Winaya, A. 2008. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Jawa Berbasis RFLP-DNA: Strategi Awal Konservasi dan Pembibitan. Laporan Penelitian Dasar Tahun II. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Amin, M & Maslikah, S.I. 2008. Identifikasi Variasi Genetik Kerbau Lokal Tana Toraja Berbasis Polymerase Chains Reaction-Restriction Lenght Fragment Polymorphisme (PCR-RLFP): Upaya Konservasi Plasma Nutfah dan Penyediaan Bibit Unggul Kerbau di Wilayah Indonesia Timur. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Amin, M & Maslikah, S.I. 2011. Identifikasi Variasi Genetik Kerbau Lokal Tana Toraja Berbasis Mikrosatellite: Upaya Konservasi Plasma Nutfah dan Penyediaan Bibit Unggul Kerbau di Wilayah Indonesia Timur. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun II. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Amin, M & Lestari, U. 2014. Pemetaan Keragaman Genetik Berbasis Mikrosatellite dan Diversitas Geografis Habitat Kerbau Lokal Indonesia dengan Gen Cytochomre B sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ dan Upaya Pembibitan Unggul. Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Amin, M. 2015. Biologi sebagai Sumber Belajar untuk Generasi Masa Kini dan Mendatang yang Berintegritas dan Berperadapan Tinggi. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Kemristekdikti. Universitas Negeri Malang.

Amin, M., Suarsini, E., Lestari, U., Azmi, I., & Gofur, A. 2015. Phylogenetic analysis of local endemic buffalo (Bubalus bubalis) based on cytochrome b gene in central Indonesia. Makalah seminar internasional Green Technology UIN MAULANA MALIK IBRAHIM.

Amin, M. 2016. Pesatnya Perkembangan Biologi dan Tantangan Pembelajarannya pada Abad 21. Makalah Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Bussines Media, LLC.

Departmen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Pembelajaran Guru. diakses dari http://gurupembaharu.com/.../Panduan-Pengembangan-Bahan-Pelajaran.doc//.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Diakses dari http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/ uploads/2011/12/sosialisasi-kkni-nasional-dikti.pdf.

Kurniawan, K. 2005. Panduan Penulisan Buku Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Parmin & Peniati, E. 2012. Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 1 (JPII 1(1) (2012) 8—15), diakses dari http://journal.unnes.ac.id/ index.php/jpii//

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Primiani, C.A. 2014. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Penelitian Bahan Alam Lokal sebagai Estrogenik pada Matakuliah Fisiologi Hewan. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. ISBN 978-602-0960-00-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License