PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TURNAMEN DAN GAMES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Kurnia Dewi Anjani, Ach. Fatchan, Ach. Amirudin

Abstract


The purpose of this paper is to determine the role of tournaments and games-based learning in improving students' motivation. The method used in this research is quasi experimental study (quasi-experiment). Shape design experiments is the one shot case study. Subjects in this study is graders X.1 MA Ahmad Yani Jabung using tournaments and games-based learning. Data collection techniques in this study using a closed questionnaire. The data analysis in this research is descriptive analysis and T test (t-test) using SPSS 16.0 software for windows. Based on the results of the study the average score of student motivation before using tournaments and games-based learning is 72.55. While the average score of students' motivation after the tournament and games-based learning is 74.35. Hypothesis test results showed that the number P-value for the t-test is 0.001. This means that 0.001 <0.05, it can be concluded that the tournaments and games-based learning significantly influence students' motivation to learn geography. Based on these results the researchers recommend tournaments and games-based learning can be applied in the classroom to the students, especially the subjects of geography.

Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui peran pembelajaran berbasis turnamen dan games dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Bentuk desain eksperimennya adalah one shot case study. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X.1 MA Ahmad Yani Jabung dengan menggunakan pembelajaran berbasis turnamen dan games. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket tertutup. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan uji T (t-test) dengan menggunakan software SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata skor motivasi siswa sebelum menggunakan pembelajaran berbasis turnamen dan games yaitu 72,55. Sedangkan rata-rata skor motivasi belajar siswa setelah pembelajaran berbasis turnamen dan games yaitu 74,35. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa angka P-value untuk t-test yaitu 0,001. Hal ini berarti 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis turnamen dan games berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar geografi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti merekomendasikan pembelajaran berbasis turnamen dan games dapat diterapkan di kelas pada siswa terutama mata pelajaran geografi.


Keywords


tournaments and games based learning; student motivation; pembelajaran berbasis turnamen dan games; motivasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Ahsan, A. 2012. Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Online

(http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.co.id/2012/08/teams-games-tournaments tgt.html),diakses 28 Mei 2016.

Hariyanto. 2010. Macam-macam motivasi belajar. Online (http://belajarpsikologi.com/macam macam-motivasi-belajar/),

diakses 28 Mei 2016.

Mahmudin. 2009. Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament (TGT). Online

(https://mahmuddin.wordpress.com/2009/12/23/strategi-pembelajaran kooperatif-tipe-teams-games-tournament-tgt),

diakses 28 Mei 2016.

Marshall, dkk. 2013. Handbook Teaching and Learning Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Pintrich, R.P., dkk. 2012. Motivasi Dalam Pendidikan Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Purnomo, A. 2016. Peran Motivasi Dalam Pembelajaran Konstruktivisme. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri

Malang.

Santrock, J.W. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh Yusron dan Zubaedi. Bandung: Nusa

Media.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Zaldy, R. 2012. Motivasi dan Minat Belajar Siswa. Online (http://rafyberbagy.blogspot.com/2012/12/motivasi-dan-minat-belajar-siswa.html), diakses 3 Januari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License