PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATAKULIAH BIOLOGI SEL DENGAN PENDEKATAN BIOINFORMATIKA UNTUK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Abstract
The purpose of this research is to produce research based textbook on Cell Biology of by using bioinformatics approaches. This study adapted the ADDIE development model. Feasibility of the textbook is based on the results of product testing by experts and small groups. Types of data collected is quantitative and qualitative data. The collected data have analyzed by quantitative and qualitative descriptive. The tests conducted by subject matter experts gave validity percentage of 93.15 %, an expert assessment of the media at 88.64 %, while a small group votes for 87.5 %. Based on the validation results, the textbook that has been developed is very valid and feasible to be used.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar Biologi SEl dengan pendekatan Bioinformatika. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Kelayakan buku ajar didasarkan pada hasil uji coba produk oleh tim ahli dan kelompok kecil. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi memberikan nilai persentase kevalidan buku ajar sebesar 93.15%, penilaian dari ahli media sebesar 88.64%. sedangkan penilaian uji perorangan sebesar 87.5%. Berdasarkan hasil validasi maka buku ajar yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dan layak untuk dipergunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bayat, A. 2002. Bioinfromatics: Science, Medicine, and The Future. BMJ, Vol. 324, 1018—1022.
Bisceglia, N. 2014. Cell Biology. (Online), (http://www.nature.com/scitable/topic/cell-biology-13906536), diakses 5 Maret 2016.
BNSP. 2006. Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Hasruddin, N.P & Fauziyah H. 2014. The Development of Problem-Based Applied Microbiology Textbook. International Journal of Education and Research, 2(9): 187—194.
Hera, R., Khairil & Hasanuddin. 2014. Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual pada Perkuliahan Perkembangan Hewan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2): 187—250.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (Online). (http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/uploads/2011/12/sosialisasi-kkni-nasional-dikti.pdf), diakses 5 Maret 2016.
Luscombe, N.M., Greenbaum, D., & Gerstein, M. 2001. What is Bioinformatics? An Introduction and Overview. (Online). (https://www.ebi.ac.uk/luscombe/docs/imia_review.pdf), diakses 13 Januari 2016.
Mohammad, R.F. & R. Kumari. 2007. Effective Use of Textbooks: A Neglected Aspect of Education in Pakistan. Journal of Education for International Development, 3(1): 1—12.
Permendiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 2 tahun 2008 tentang Buku. Jakarta: Kemendikbud.
Ramdani & Dini I. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mindjet Manager sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Kimia Organik. Journal Chemical, 12(1): 44—53.
Witarto, A.B & Sajidan. 2010. Bioinformatika: Trend dan Prospek Dalam Pengembangan Keilmuan Biologi. (Online). (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/1201/803), diakses 22 Desember 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |