PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGETAHUAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN (PJOK) UNTUK SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH ATAS

Edo Rachmad Ardyanto, M.E Winarno, Sapto Adi

Abstract


To measure the results of the learning process can be done with the assessment in order to know the true power of students and can be used as an evaluation determine future learning. In subjects PJOK learning assessment process has been more emphasis placed on psychomotor and affective aspects, it is often overlooked that the cognitive (knowledge) is an integral assessment can not be separated. It takes the right instrument to measure students' abilities in the realm of knowledge that can reflect the ability of each student's knowledge.

Untuk mengukur hasil dari proses pembelajaran dapat dilakukan dengan penilaian dengan tujuan mengetahui kemampuan sesungguhnya dari siswa serta dapat dijadikan evaluasi menentukan pembelajaran selanjutnya. Pada mata pelajaran PJOK proses penilaian pembelajaran selama ini lebih ditekankan kepada aspek psikomotor dan afektif, sering diabaikan bahwa ranah kognitif (pengetahuan) merupakan satu kesatuan penilaian yang tidak dapat dipisahkan. Dibutuhkan instrumen yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa pada ranah pengetahuan yang dapat mencerminkan kemampuan dari setiap pengetahuan siswa.


Keywords


instrument; cognitive; PJOK; SMA; instrumen; pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmin. 2006. Pengaruh Ragam Bentuk Tes Objektif dan Gaya Berpikir terhadap Fungsi Informasi Tes: Penelitian Quasi

Eksperimental dengan Analisis Item Response Theory di SMU DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 062

(12): 633—655.

Nurhasan. 2009. Penilaian Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ratumanan, T.G. 2003. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP di kota Ambon. Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1):1—10.

Sudijono, A. 2008. Dasar, Proses, dan Efektivitas Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sudijono. A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winarno, M.E. 2004. Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Center Human Capacity Development.

Winarno, M.E. 2011. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.6894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License