PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SMA
Abstract
The purpose of this study is to improve motivation and learning outcomes biology in grade X SMAN 1 TASBAR through inquiry learning model. This research is a classroom action research, data collection technique through observation and tests. Subjects were students of the second semester class XB SMAN 1 TASBAR year 2011/2012 amounted to 35 students. The results obtained in this study showed an increased motivation and learning outcomes of students, the percentage of first cycle activity by 75% and the second cycle by 85%. While the percentage of mastery learning outcomes in the first cycle of 62.32% and a second cycle of 84.28%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi pada siswa kelas X SMAN 1 TASBAR melalui model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB semester II SMAN 1 TASBAR tahun 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, persentase aktivitas siklus pertama sebesar 75% dan siklus kedua sebesar 85%. Sementara itu, persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus pertama sebesar 62,32% dan siklus kedua sebesar 84,28%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustanti. 2012. Implementasi Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan, 2 (2):16—20.
Hamalik, O. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Idhun. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Sistem Koordinasi untuk
Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran
/2014. Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (2):80—93.
Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Muchith. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail.
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sukriyanto, dkk. 2014. Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS
Pokok Bahasan Akibat Perilaku Manusia terhadap Lingkungan di Kelas IV SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo Tahun
/2013. Jurnal Pendidikan 1(1):32—34.
Wulaningsih, S., Prayitno, B.A. & Probosari, R.M. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap
Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan
Biologi, 4 (2):33—43.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |