PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Praya Kabupaten Lombok Tengah. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data keterlaksanaan proses belajar dihitung dengan rumus jumlah skor yang didapat dibagi jumlah skor maksimal kemudian dikali seratus, dan data hasil belajar siswa dianalisis dengan membandingkan gains score hasil belajar menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 4 Praya di kelas XI IPS 3.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. & Ahmadi, I. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ardiansyah, E. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Tesis tidak
diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Asri, B.C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Damayanti, Y. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Menggunakan CD Pembelajaran. Tesis
tidak diterbitkan. Semarang: Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Darmawan, F.T., Wahyu, W. & Halimatul, H. S. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS
terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa pada Topik Aplikasi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Riset dan Praktik
Pendidikan Kimia, (Online), 1 (1):11—17. (http://journal.fpmipa.upi.edu), diakses 1 Mei 2016.
Dewi, F. D. R., Soetjipto, B. E. & Utaya, S. 2016. The Implementation of TSTS and Round Robin Learning Models to Enhance
Communication Skill and Social Studies learning Outcome for the Fourth Grade Students. Journal of Research &
Method in Education, (Online), 6 (3):93—100. (http://www.iosrjournals.org), diakses 20 November 2016.
Fitriana, E., Sugeng, U. & Budijanto. 2016. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar
Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,
(Online), 1 (4):662—667, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6212/2647), diakses 20 November
Fitriyah, N. I., Purwantoyo, E. & Chasnah. 2012. Efektivitas Kooperatif TSTS Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Biologi, (Online), 1 (2):32—37, (http://journal.unnes.ac.id), diakses 1 Maret 2016.
Huda, M. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indriyani, C. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two
Stray pada Siswa Kelas IV SD 05 Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar,
(Online), 1 (2):180—193, (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article), diakses 15 Februari 2016.
Lie, A. 2002. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mariyanto, C. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta
Didik terhadap Hasil Belajar IPS Geografi Materi Pokok Kondisi Fisik Indonesia pada Siswa Kelas VIII SPM N 13
Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Geografi, (Online), 3 (4):9—16.
(http://journal.unnes.ac.id/sju/index), diakses 10 Februari 2016.
Nurhadi, Y. B. & Senduk, A. G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Santoso, E. B. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. (Online), (http://www.ras-
eko.com/2011/05/model-pembelajarankooperatif-tipe-two.html), diakses 7 Februari 2016.
Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarmi. 2012. Model-model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Wade, C. & Carol, T. 2007. Psikologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Zain, A. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |