IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
The objective of this paper is to discover the implementation of clinical supervision for improving learning effectiveness towards sport, physical, and health education in SDIT Bumi Darun Najah Lekok District Pasuruan. This study employed descriptive qualitative design. The data were obtained through observation, interview, and documentation. The data, then, were analyzed by using interactive method through data reduction, data exposition, and drawing conclusion. The result of this study showed that the implementation of clinical supervision consists of three stages, teacher in learning process is indicated less effective, and classroom management is still required to be improved. It is indicated that teacher encounters hindrance regarding learning effectiveness, particularly in encouraging students enthusiasim and conditioning students in the field.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran terhadap mata pelajaran PJOK di SDIT Bumi Darun Najah Kecamatan Lekok Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pelaksanaan supervisi klinis ada tiga tahapan, kurang efektifnya guru dalam pembelajaran, dan pengelolaan kelas yang masih perlu ditingkatkan. Guru mengalami beberapa kesulitan dalam efektivitas mengajar terutama meningkatkan antusiasme peserta didik dan pengondisian peserta didik di lapangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amani L., Dantes, N. & Lasmawan W. 2013. Implementasi Supervisi Klinis dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran pada Guru SD Se-Gugus VII Kecamatan Sawan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, (Online), Volume 3, (http://www.e-jurnal.com/search?q=jppaudsddd130116, diakses 09 November 2016)
Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Imron, A. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Marli, S. 2012. Supervisi Klinis Bagi Calon Guru dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jurnal Visi Ilmu Kependidikan, (Online), (http ://jurnaluntan.ac.id /index.php./jvip/article/view/58/57, diakses 09 November 2016)
Pidarta, M. 1999. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Popham, W. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, S. 2012. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alphabet.
Sergiovanni, T.J. & Starratt, R.J. 1987. Emerging Patterns of Supervision: Human Perspective . New York: Mc Graw Hill Book Company.
Sinambela, N. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Tabrani, R. 1990. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Usman, U. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8288
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |