PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SD MELALUI SUPERVISI KLINIS

Lukman Lukman, Achmad Supriyanto, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


This study aimed to investigate the improvement of the teachers’ ability and find out the barriers and solutions in clinical supervision activities. The study used the descriptive qualitative approach with a single data analysis. The collection of data through observation, interviews, and documentation. The instruments used in the form of interview guidelines and checklist. The results showed (1) The improvement could be seen in the ability of the teachers in lesson planning; (2) Clinical Supervision ran with three stages, an initial meeting, observations and gathering feedback; (3) The obstacle was not maximal in the use of media and classroom management in the learning process and for the solutions, teachers should use media that attract and manage students’ class in the form of small groups.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan guru dan mengetahui hambatan serta solusi dalam kegiatan supervisi klinis. Penelitian menggunakan pendekatan kutatif deskriptif dengan ansis data tunggal. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan chek-list. Hasilnya menunjukkan (1) peningkatan kemampuan guru terasa dalam perencanaan pembelajaran; (2) supervisi klinis berjalan dengan tiga tahap, pertemuan awal, observasi, dan pertemuan balikan; (3) hambatannya adalah belum maksimalnya penggunaan media dan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran serta solusinya, guru mesti menggunakan media yang menarik dan mengelola kelas siswa dalam bentuk kelompok kecil.


Keywords


the ability of teachers; clinical supervision; elementary school kemampuan guru; supervisi klinis; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Amani. 2013. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran Pada Guru SD Se-Gugus VII Kecamatan Sawan. Jurusan Pendidikan Dasar, Volume 3 Tahun 2013.

Aryo, S. 2009. Peningkatan Kemampuan dan Kreativitas Guru dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas, Mimbar Pendidikan. No.2/XXVIII/2009.

Fitria, E. 2014. Penerapan Model Beyond Centre and Circle TME SD Kelas Satu. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 8 Edisi 1, April 2014.

Haryoko, S. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Alternatif Optimsasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi @ Elektro, 5(1):1—10.

Imron, A. 2015. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iriyani, D. 2008. Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Didaktika, 2 (2):278—285.

Maisyaroh. 2001. Supervisi Klinis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Maroa. P.P., Kapile, C & Hamid, A. Penerapan Pembelejaran PKn dengan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Inpres 012 Bajaw Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3 No. 2 ISSN 2354-614X

Mayangsari, D. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD Mardi Putera Surabaya dengan Menggunakan Pakem (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Vol. I, No. 1, Maret 2014.

Pahruddin. 2015. Peningkatan Kinerja dan Pengembangan Profesiontas Guru sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ISBN: 978-602-8580-19-9.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 52 tentang beban kerja guru, http://disdik.kaltimprov.go.id/read/pdfview/15, diakses 29 November 2016.

Rofiq, M.A. 2009. Pengelolaan Kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online), (http://qoqoazroqu.blogspot.com/2013/01/undang-undang-republik-indonesia-nomor.html, diakses 29 November 2016).

Usman, M.U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yanuar. 2015. Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif Seabrek Anjuran dan Pantangan saat Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License