PENGEMBANGAN MODUL EVOLUSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL THINK, TALK, WRITE (TTW) DI SMA

P. Wijayati Wulandari, Moh. Amin, Suhadi Suhadi

Abstract


The learning materials of evolutionary in biology for students of class XII IPA SMAN I Glenmore Banyuwangi is still in obstacles. The materials in textbooks based on School Based of Curriculum (KTSP), while teachers should teach the scientific approach which refers to curriculum of 2013. The requirement analysis of evolutionary teachers stated that 86% of teachers requires learning modules for students. The analysis of the mastery learning of students in the last three years of study showed that the level of student mastery of less than 35%. The purpose of this research is to develop modules of evolution for students with scientific approach using model Think, Talk, Write in SMAN I Glenmore Banyuwangi. The module was developed based on the model of the research and development of Dick & Carey (2001), which consists of nine stages of development. The validation results of learning experts showed very valid category with the percentage of votes <p> 90.77% to the syllabus and <p> 91.04% to RPP. The validation results of study design experts showed very valid category with the percentage of votes <p> 98.57% to the module. The validation results of material experts showed a valid category with the percentage of votes <p> 82.33% to the module for students. The validation results by implementing learning practitioners in the field showed very valid category with the percentage of votes <p> 100% to the syllabus, <p> 93.08% to RPP, and <p> 97.25% to module for students. The test results by the legibility of small groups of students showed very valid category with the percentage of votes <p> by 86.78%. to modul. Based on the validation results, we can conclude that the evolution module with the scientific approach using Think, Talk, Write models earmarked for students is valid and is expected to meet the limitations on teaching materials that are already available.

Pembelajaran biologi materi evolusi bagi peserta didik kelas XII IPA SMAN I Glenmore Kabupaten Banyuwangi mengalami kendala. Bahan ajar yang ada masih mengacu pada buku paket dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sedangkan guru harus mengajar dengan pendekatan saintifik yang mengacu pada kurikulum 2013. Analisis kebutuhan guru menyatakan bahwa 86% guru pengampu pelajaran biologi materi evolusi memerlukan modul pembelajaran bagi peserta didik. Analisis kebutuhan peserta didik dalam tiga tahun pembelajaran terakhir menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan peserta didik kurang dari 35%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul evolusi bagi peserta didik dengan pendekatan saintifik menggunakan model Think, Talk, Write di SMAN I Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Modul dikembangkan berdasarkan model pengembangan Dick & Carey (2001) yang terdiri dari sembilan tahap pengembangan. Analisis hasil validasi ahli perangkat pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian <p> sebesar 90,77% untuk silabus dan <p> sebesar 91,04% untuk RPP. Analisis hasil validasi ahli desain pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian <p> sebesar 98,57% untuk modul. Analisis hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori valid dengan hasil persentase penilaian <p> sebesar 82,33% untuk modul peserta didik. Analisis hasil validasi oleh praktisi pelaksana pembelajaran di lapangan menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian <p> sebesar 100% untuk silabus, <p> sebesar 93,08% untuk RPP, dan <p> sebesar 97,25% untuk modul peserta didik. Analisis hasil uji coba keterbacaan kelompok kecil oleh peserta didik menunjukkan kategori sangat valid dengan hasil persentase penilaian <p> sebesar 86,78% untuk modul. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa modul evolusi dengan pendekatan saintifik menggunakan model Think, Talk, Write yang diperuntukkan bagi peserta didik valid dan diharapkan mampu memenuhi keterbatasan pada bahan ajar yang sudah tersedia.


Keywords


module; evolution; scientific approaches; models think, talk, write (TTW); modul evolusi; pendekatan saintifik; model think, talk, write (TTW)

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. 2009. The Systematic Design of Instruction. Ohio: Addison-Wesley Educational Publisher.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. 2003. Pedoman Penyusunan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2014.

Pembelajaran Biologi Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Machin, A. ‎2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi Materi Tumbuhan pada Peserta Didik

Kelas XI IPA SMAN 1 Dempet. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Semarang. (Online)

(http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii), diakses 2 Februari 2016.

Marjan, J. Arnyana, I.B. Putu. & Setiawan, I.G.A. Nyoman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil

Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa

Tenggara Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4 Tahun

Mistyardi, T. & Mumun, N. 2012. Pengaruh Pembelajaran Inovatif Model TTW (Think Talk Write) Pada Bahasan Protista

Terhadap Hasil Belajar Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 6 Kediri Tahun Pelajaran 2011-2012. Prosiding

Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS email: tonimashimaru@gmail.com. diakses 14 Februari 2016.

Qomariah, L., Sri Endah Indriwati & Eko Sri Sulasmi. 2014. Penerapan Pembelajaran Melalui Pendekatan Ilmiah Untuk

Meningkatkan Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 3 Malang Pada Materi

Kingdom Animalia. Journal Online UM. Vol 3, No. 1 (2014)

http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=66824), diakses 14 Februari 2016.

Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Tiyansyah., Fandir, A., Utomo, Dwiyono Hari., Sudarno, Dwiyono Hari., Herlambang. 2012. Perbandingan Penerapan Model

Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Think Talk Write (Ttw) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X

SMA N 01 Bululawang. (Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/25902. Universitas

Negeri Malang), diakses 12 Februari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License