KERJASAMA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DENGAN LEMBAGA LAIN BIDANG KEJURUAN

Yulanda Elis Meyana, Nurul Ulfatin, Sultoni Sultoni

Abstract


This research objective is to assess the cooperation between PPPPTK BOE/VEDC Malang with the related institutions as a vocational training program. This research used qualitative design with case study which it aims at understanding rational reality as a subjective reality particularly within related stakeholder in cooperation as a vocational training program including (1) cooperation objectives; (2) cooperation principles employed; (3) cooperation planning; (4) cooperation organization; (5) cooperation significance; (6) cooperation form; (7) issues encountered and approach of solvency within the cooperation.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kerjasama PPPPTK BOE/VEDC Malang dengan lembaga- lembaga lain sebagai pusat diklat bidang kejuruan. Metode penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus karena teknik ini untuk memahami realitas rasional sebagai realitas subjektif khususnya pihak-pihak yang terakait dalam kerjasama dengan lembaga-lembaga lain sebagai pusat diklat bidang kejuruan yang meliputi (1) tujuan kerjasama; (2) prinsip yang digunakan dalam pelaksanaan kerjasama; (3) perencanaan kerjasama; (4) pengorganisasian kerjasama; (5) manfaat kerjasama; (6) bentuk kerjasama yang dilakukan; (7) kendala yang dihadapi serta cara penyelesaian dalam implementasi kerjasama.  


Keywords


cooperation; training and education center; vocational education; kerjasama; pusat pendidikan dan pelatihan; pendidikan kejuruan

Full Text:

PDF

References


Keban, Y.T. 2009. Naskah Akademik Kerjasama Antar Daerah. Yogyakarta: Fisipol UGM.

Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pamudji, S. 1985. Kerja Sama Antar Daerah Dalam Rangka Pembinaan Wilayah Suatu Tinjauan Dari Administrasi Negara. Jakarta: Institut Ilmu Pemerintahan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

Soekanto, S. 2013. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sulistiyani, T.A. 2004. Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Surat edaran nomor 21262/A2.2/KU/2016 tentang Pengelolahan Penerimaan Negera Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License