ANALISIS PERBANDINGAN HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PBL

Khofifatu Nurisya, Aloysius Duran Corebima, Fatchur Rohman

Abstract


Metacognitive skill is one important indicator within learning that required to be empowered. Several factors within learning have proven that were influenced by metacognitive such as learning outcomes and retention. This research aims at discovering a comparison on the correlation and contribution between metacognitive and learning oitcomes as well as the retention in Biology learnyng based on PBL. This research employed descriptive-correlational design. The population of this research was the entire students of XI graders of Senior High School in Malang academic year 2016/2017. The sample of this research was XI graders of Science students 1 SMAN 7 Malang consisted of 32 stuednts and students of 6.F.3 SMAN 9 Malang consisted of 29 students. The data obtained was analyzed using liniear regression analysis. The result showed that contribution of metacognitive to learning outcome is higher than to the retention.

Keterampilan metakognitif merupakan salah satu indikator penting dalam pembelajaran yang perlu diberdayakan. Terdapat berbagai faktor dalam pembelajaran yang telah terbukti dipengaruhi oleh keterampilan metakognitif diantaranya hasil belajar dan retensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hubungan dan sumbangan yang diberikan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar serta terhadap retensi pada pembelajaran Biologi berbasis PBL. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di wilayah Kota Malang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 7 Malang yang terdiri atas 32 siswa dan siswa kelas 6.F.3 SMAN 9 Malang yang terdiri atas 29 siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil analisis, sumbangan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar lebih besar dibandingkan dengan sumbangan terhadap retensi.

 


Keywords


learning outcome; metacognitive skill; retention; hasil belajar; keterampilan metakognitif; retensi

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds.). 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi

Taksonomi Pendidikan Bloom). Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ardila, C. 2013. Hubungan keterampilan Metakognitif terhadap hasil Belajar Biologi dan Retensi siswa kelas X dengan

Penerapan Strategi Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) di SMAN 9 Malang. Skipsi tidak diterbitkan.

Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Arifin, M.S. 2013. Hubungan antara Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Retensi Siswa Kelas X

dengan Strategi Reciprocal Teaching di SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas

Negeri Malang.

Basith, A. 2013. Kajian perbandingan Efektivitas Strategi Problem-Based Learning dan Reciprocal Teaching dalam

Meningkatkan keterampilan Metakognitif, Pemahaman Konsep Biologi, dan Retensi Siswa Kelas X SMA dengan Potensi

Akademik Berbeda di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hadi, A.N. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan

Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang Pada Kemampuan Akademik berbeda.

Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Howard. 2004. J. B. Metacognitive Inquiry. School of Education Elon University. Available at:

https://org.elon.edu/t2project/pdf_docs/sp_metacognitive.pdf.

Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM: dari behavioristik sampai konstruktivistik: sebuah pengembangan pembelajaran

berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lai, E.R. 2011. Metacognition: A Literature Overview. Available at:

https://moodle.elac.edu/pluginfile.php/111973/mod_resource/content/0/Metacognition_Literature_Review_Final.pdf.

Livingston, J.A. 1997. Metacognition: An Overview. Available at: http://gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.htm.

Nurhadi, Y.B. & Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurisya, K. 2016. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Retensi Siswa pada

Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) di SMAN Kota Malang. Prosiding SNPBS, 1(2):910—914.

Paidi. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Mengimplementasikan PBL dan Strategi Metakognitif serta

Efektivitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA

di Sleman-Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Siswati, B. H. 2014. Hubungan Antara Keterampilan Metakognitif dengan Hasil Belajar Siswa Berkemampuan Akademik

Berbeda pada Pembelajaran Biologi yang Menerapkan Beberapa Model Pembelajaran. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Stanton, N.A., Wong, W., Gore, J., Sevdais, N. & Strub, M. 2011. Critical Thinking. Theorical Issues in Ergonomics Science,

(2):204—209.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Khofifatu Nurisya, Aloysius Duran Corebima, Fatchur Rohman




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License