POTENSI KARAKTER TOKOH DALAM CERITA RAKYAT SEBAGAI BAHAN BACAAN LITERASI MORAL

Liana Rochmatul Wachidah, Heri Suwignyo, Nita Widiati

Abstract


This study aims to explore the potential characters in folklore which will be developed into a moral literacy of the reading materials. This study uses a qualitative descriptive design of the text analysis type. In findings the researcher found that the moral values of East Javanese folklore describe the real life. Each character tends to have a dual role. This is consistent with the stage of formal operations of the 7th grade students. Someone in life should have tough personality, not easy to believe in the provocation of others, not easily giving up in defense of truth, has the soul of helping each other, has a love for the family, and should cling to herself/himself.

Tujuan penelitian ini adalah menggali potensi karakter tokoh dalam cerita rakyat yang akan dikembangkan menjadi bahan bacaan literasi moral. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif jenis analisis teks. Hasil temuan peneliti bahwa nilai-nilai moral dari cerita rakyat Jawa Timur menggambarkan kehidupan yang sebenarnya. Setiap tokoh cenderung memiliki peran ganda. Hal tersebut sesuai dengan tahap operasi formal siswa kelas VII SMP. Seseorang dalam menjalani hidup hendaknya memiliki sikap tangguh, tidak mudah percaya kepada hasutan orang lain, tidak mudah menyerah dalam membela kebenaran, memiliki jiwa tolong-menolong, memiliki cinta kasih terhadap keluarga, dan harus memiliki pendirian yang kuat.


Keywords


potential characters; folklore; literature; moral literacy; potensi karakter tokoh; cerita rakyat; bahan bacaan; literasi moral

Full Text:

PDF

References


Bascom, W.R. 1965. The Form of Folklore: Prose Narratives. The Hague: Mouton.

Danandjaja, J. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Cerita rakyat, dan Lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Dan’r. 2012. Perilaku terpuji (kerja keras, tekun, ulet, dan teliti), (Online), (http://dewandakwahbandung.com/buku-putih

kritik-evaluasi-dan-dekonstruksi/, diakses 16 November 2016).

Huck, C.S. 1976. Children’s Literature in the Elementary School. New York: The McGraw-Hill Companies. Inc.

Lickona, T. (Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo). 2015. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2016. Gerakan Literasi Bangsa untuk Membentuk Budaya Literasi. (Online), Badan bahasa.kemdikbud.go.id, d

diakses tanggal 20 November 2016.

Miles dan Haberman, A. M. 1994. Analisis Data Kualitatif. London: SAGE Publications.

Moleong, L.J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Noor, R.M. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.

Nurgiyantoro, B. 2010. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Jogjakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pusposari, D. 2012. Memahami Sastra Anak. Malang: Bayumedia Publising.

Rochmah, N.N. 2015. Penulisan Cerita Rakyat Desa Sambigede dan Desa Senggareng Kabupaten Malang dalam Bentuk Buku

Cerita Bergambar. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Sastra: Universitas Negeri Malang.

Santrock, J.W. 2007. Adolescence. United States: McGraw-Hill Companies.

Sarumpaet, R.K.T. 1976. Bacaan Anak-anak: Suatu Penyelidikan Pendahuluan ke dalam Hakikat, Sifat, dan Corak Bacaan Anak-anak serta Minat Anak pada Bacaannya. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sarumpaet, R.K.T. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Stewig, J.W. 1980. Children and Literature. Chicago: Rand Mcnally Education Series 5

Sunaryo, M.Y. 2016. Analisis Nilai Karakter yang Terdapat dalam Antologi Cerita Rakyat Jawa Timur karya Sungkowati

Yulistin, dkk. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Wahyuningtyas, S & Wijaya H. S. 2011. Sastra: Teori dan Impelementasinya. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Liana Rochmatul Wachidah, Heri Suwignyo, Nita Widiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License