PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI TERINTEGRASI SAINS-ISLAM DI MADRASAH

Saiful Amin

Abstract


This research aimed to develop an integrated Science-Islamic geography teaching materials for students of grade X Madrasah Aliyah (Islamic Senior High School) at the standard of competence to analyze the dynamics of the hydrosphere and its influence on life. The development procedure refers to the method of Dick & Carey adapted to the curriculum of 2013 model. The subject of the trial, namely (1) a team of experts (subject matter expert, linguistic expert, learning design expert, and Quran/Hadith expert and (2) A geography teacher and students in grade X MAN (Public Islamic Senior High School) 1 Malang and MA (Islamic Senior High School) Hasanuddin, Siraman, Blitar. The results of the study, namely (1) the integrated Science-Islamic geography teaching material for the grade X MA meets the standards deserve to be published and (2) improvements suggested by the results of expert validation and field trials covering aspects language, media, evaluation, and display of text books.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar Geografi terintegrasi sains-Islam untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah (MA) pada standar kompetensi menganalisis dinamika hidrosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan. Prosedur pengembangan mengacu pada metode Dick & Carey yang disesuaikan dengan model Kurikulum 2013. Subjek uji coba terdiri atas (1) tim ahli (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran dan ahli Al-Qur’an/Hadis dan (2) guru Geografi dan siswa kelas X di MAN 1 Malang dan MA Hasanudin Siraman, Blitar. Hasil penelitian, meliputi (1) bahan ajar Geografi terintegrasi sains-Islam untuk MA kelas X telah memenuhi standar layak untuk diterbitkan dan (2) perbaikan yang disarankan menurut hasil validasi ahli dan uji coba lapangan, meliputi aspek kebahasaan, media, soal evaluasi, dan tampilan buku teks.


Keywords


geography teaching materials; moslem-sains; bahan ajar geografi; sains-islam

Full Text:

PDF

References


Adwiah, R., Punadji Setyosari & Sulthon. 2016. Pengembangan E-Module IPS dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VII SMPK Mater Dei Probolinggo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (9):1797—1805, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6816/2997, diakses 10 Juli 2017).

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Geografi SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

BSNP. 2013. Instrumen Tahap II Penilaian Buku Teks Pelajaran Geografi SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, Walter & Carey, Lou. 2001. The Systematic Design of Intruction. Illinois: Scott Foresman and Company.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purwanto, E, dkk. 1996. Validasi Bahan Ajar IPS-Geografi SD Berdasarkan Kurikulum 1994 di Jawa Timur. Malang. Lemlit IKIP Malang.

Saputra, Y.W. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Geografi pada Kompetensi Dasar Memahami Atmosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan di Muka Bumi Kelas X SMA/MA Semester II dengan Menggunakan Pendekatan Keruangan. Jurnal Pendidikan Geografi, Th. 20, No.2, Jun 2015.

Setiawan, A. 2013. Penerapan Buku Saku Mastercam untuk Meningkatkan Keaktivan dan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran CNC di SMK N 2 Depok Sleman. (Online), (http eprints.uny.ac.id, diakses 2 Oktober 2016).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmi, dkk. 2001. Pencitraan Bahan Ajar Geografi SMU Berdasarkan Kurikulum 1994. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang.

Tanjung, A & Fahmi, M. 2011. Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, Th. 20, No.1, Jan 2011.

Winarti. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spritual Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal JPFK. (Online), 1 (2):54—60, (http://e-journal.ikippgri-madiun.ac.id/index.php/JPFK, diakses 10 Juli 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Saiful Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License