PROSES BERPIKIR SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIMSS MATERI BESAR SUDUT DALAM BENTUK GEOMETRIS

Nurul Hidayati Arifani, Abdur Rahman As’ari, Abadyo Abadyo

Abstract


This study aims to describe the students' thinking process in solving TIMSS math problem on measurement of angle in geometric shapes based on Polya’s problem solving step associated with Swartz’s thinking process theory. The subject of the research was a grade VIII student in SMP Negeri 4 Malang who was classified as intelligent but made many mistakes when completing the test. Data collection methods used were test and interview methods. The results show that students go through the step of generating ideas, clarifying ideas, assessing the reasonableness of ideas, and thinking complex on every step of problem solving, but at the look back step, students do not clarify the idea.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika TIMSS materi besar sudut dalam bentuk geometris berdasarkan langkah penyelesaian masalah Polya yang dikaitkan dengan teori proses berpikir Swartz. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang yang tergolong pandai, tetapi banyak melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS melalui tahap menghasilkan ide, mengklarifikasi ide, menilai kelayakan ide, dan berpikir kompleks pada setiap langkah penyelesaian masalah. Namun, pada tahap memeriksa kembali, siswa tidak melakukan pengklarifikasian ide.


Keywords


thinking process; TIMSS; Swartz theory thinking; geometric; proses berpikir; TIMSS; teori berpikir Swartz; geometris

Full Text:

PDF

References


Agasi, G.R. & Rudhito, M. A. 2014. Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal-soal TIMSS Tipe Penalaran. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika UKSW, Vol. 5, No. 1, 21 Juni 2014.

Anwar, H. 2014. Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 1.

Ariefia, H.E. 2015. Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Materi Trigonometri. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

As’ari, A.R. 2015. Pendidikan Matematika Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing Siswa Indonesia dalam Era Global. Makalah. Studium General dan Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Vol. 12.

Bono, E. D. 1992. Mengajar Berpikir (Soemardjo, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Fernandez, C., Llinares, S. & Valls, J. 2013. Primary School Teacher’s Noticing of Student’s Mathematical Thinking in Problem Solving. The Mathematics Enthusiast. 10 (2):441—468.

Gay, L. R., Mills, G.E. & Airasian, P. 2012. Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. United States of America: Pearson Education, Inc.

Gunawan, I. & Palupi, A.R. 2015. Taksonomi Bloom–Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum, 2(2).

Jesica, A. 2016. Proses Berpikir Matematis Mahasiswa dalam Mengonstruksi Bukti dengan Induksi Matematika Berdasarkan Teori Berpikir Swartz. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Krik, P. J. & Ward, M. E. 1999. Understanding North Carolina Test: Thinking Skill Level. North Carolina Department of Public Instruction. Vol. 6, No. 4.

Lewis, A. & Smith, D. 1993. Defining Higher Order Thinking. Theory into Practice, 32, 131—137.

Mahmudi, A. 2006. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2006 dengan tema “Trend Penelitian dan Pembelajaran Matematika di Era ICT “diselenggarakan pada tanggal 24 November 2006.

Mason, J., Burton, L. & Stacey, K. 2010. Thinking Mathematically Second Edition. England: Pearson Education Limited.

Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional republic Indonesia. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Provasnik, S., Lin, C.Y., Darling, D. & Dodson, J. 2013. A Comparison of the 2011 Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Assessment Items and the 2011 National Assessment of Educational Progress (NAEP) Frameworks. Washington, DC: National Center for Education Statistics.

Polya, G. 1973. How to Solve it a New Aspect of Mathematical Method. United States of America: Princeton University Press.

Retna, M., Mubarokah, L. & Suhartatik. 2013. Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol. 1, No. 2, September 2013.

Saragih, S. 2008. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 28 Desember 2008.

Sondang, S.P. 2008. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sternberg, R. J. & Sternberg, K. 2009. Cognitive Psycology. New York: Wadswordth.

Swartz, R., Fischer, S.D. & Parks, S. 1998. Infusing The Teaching of Critical and Creative Thinking into Secondary Science. A Lesson Design Handbook. United State of America.

Talun, A. 2015. Proses Berpikir Aljabar Siswa SMK dalam Menyelesaikan Permasalahan Barisan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Umraatin, N.Z. 2012. Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segiempat berdasarkan Tahapan Pemecahan Masalah Polya Siswa SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Yeo, K.K. 2009. Secondary 2 Student’s Difficulties in Solving Non-Routine Problems. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, Vol. 10, 1—30.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nurul Hidayati Arifani, Abdur Rahman As’ari, Abadyo Abadyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License