PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Wahyu Indrastuti, Sugeng Utaya, Edy Bambang Irawan

Abstract


This research aims to describe the implementation of cooperative learning types Make A Match to increased the activity and students learning outcomes of the 4C grade of SDN Beluk Klaten. This research was Action Research Classroom (ARC) in two cycles. Each of the cycle consisted of two meetings. The date collected through observation sheets of students activity and the test results of students learning. The results of the research which an increased of the students activity from 76,10% (Good) in the first cycle to 92,24% (Very Good) in the second cycle. The result of classical learning competences in the first cycle  of 72% with an average of 74,00  to 88% with an average 88% in the second cycle.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Beluk Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui hasil observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari 76,10% (Baik) pada siklus I meningkat menjadi 92,24% (Sangat Baik) pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 72% dengan rata-rata 74,00 meningkat menjadi 88% dengan rata-rata 86,00 pada siklus II.


Keywords


student activity; learning outcome; Make A Match; aktivitas siswa; hasil belajar; Make A Match

Full Text:

PDF

References


Adrian, Y., I Nyoman Sudana Degeng., & Sugeng Utaya. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD terhadap Retensi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (5):905—909, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6125/2582, diakses 20 Maret 2017).

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ardani., Sugeng Utaya., & Budijanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Service-Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (11):2145—2151, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7977/3626, diakses 20 Maret 2017).

Ayaz, M. F. & Sekerci, H. 2015. The Effect of the Constructivist Learning Approach on Student’s Academic Achievement: A Meta-Analysis Study. The Turkish Online Journal of Educational Technology. (Online), 14 (4):143—156, (http://www.tojet.net/, diakses 15 Mei 2016).

Bandarusin., Sugeng Utaya., & Budijanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (12):2292—2299, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8229/3759, diakses 20 Maret 2017).

Carvalho, Ap.F.P., Anacleto, J.C., & Neris, V.P.A. 2008. Supporting Teachers to Plan Culturally Contextualized Learning Activities. in IFIP International Federation for Information Processing. Learning to Live in the Knowledge Society, (Online), 281:171—174, (http://www.spinger, diakses 1 Agustus 2016).

Chiu, Y.C., Hsin, L.H., & Huang, F.H. 2014. Orientating Cooperative Learning Model on Social Responbility in Physical Education. International Journal of Research Studies in Education. (Online), 3 (4):3—13, (http://www.consortiacademia, diakses 2 Agustus 2016).

Fatimah, I. D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas III SDN Kranjingan 5 Jember). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Fitriana, E., Sugeng Utaya., & Budijanto. 2016. Hubungan Persepsi Siswa tentang Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Geografi di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (4):662—667, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6212/2647, diakses 20 Maret 2017).

Gull, F. 2015. Effects of Cooperative Learning on Students Academic Achievement. Journal of Education and Learning, (Online), 9 (3):246—255, (http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/2071/pdf_97, diakses 27 Juli 2016).

Hasbillah dan Edi Bambang Irawan. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 dengan tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)”, 24 Mei 2016.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Perubahan Bentuk Energi dan Penggunaannya Siswa Kelas IV SDN Lokpait 1 Kab. Tapin. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Irman., Sudarmiatin., & Sutadji, E. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Artikel disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 dengan tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)”, 24 Mei 2016.

Kurnianty., Utami Widiati., & Sudarmiatin. 2016. Model Pembelajaran Koopeatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS SMP. Artikel disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016 dengan tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar dalam Menghadapi Daya Saing Regional (ASEAN)”, 24 Mei 2016.

Julianto, S. 2011. Penggabungan Penerapan Metode Pembelajaran Model Think Pair Share dan Make A Match untuk Meningkatkan Minat, Efikasi Diri, dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batu. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Masita, T. N., Edi Bambang Irawan., & Sisworo. 2016. Gesture Menunjuk dan Representasional Siswa Sesuai dengan Tahapan Berpikir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (2):271—280, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6134/2590, diakses 3 Agustus 2016).

Menekse, M., Stump, G.S., Krause, S., and Chi, M.T.H. 2013. Differentiated Overt Learning Activities for Effective Instruction in Engineering Classrooms. Journal of Engineerin Education. (Online), 102 (3):346—374, (http://wileyonlinelibrary.com/journal/jee, diakses 1 Agustus 2016).

Riduwan dan Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sofia, D. A. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pagedangan 03 Turen Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research), Teori & Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Ulfah, K. R., Anang Santoso., & Sugeng Utaya. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (8):1607—1611, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6678/2885, diakses 20 Maret 2017).

Utami, W.S., Sumarmi., I Nyoman Ruja., & Sugeng Utaya. 2016. React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperative,Transfering) Strategy to Develop Geography Skills. Journal of Education and Practice, (Online), 7 (17):100—104, (http://iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/31094/32394, diakses 12 Maret 2017).

Wardhani, D., Edi Bambang Irawan., & Cholis Sa’dijah. 2016. Origami terhadap Kecerdasan Spasial Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (5):905—909, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6301/2691, diakses 20 Maret 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wahyu Indrastuti, Sugeng Utaya, Edy Bambang Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License