PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP EFEKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Rosdiana Rosdiana, Didimus Tanah Boleng, Susilo Susilo

Abstract


A quasi experimental study has been conducted at SMK-SPP Negeri Samarinda. The purpose of this study are knowing the influence of Discovery Learning model on the effectiveness and learning outcomes of students of Class XI SMK-SPP Negeri Samarinda and the response of students to the learning process using the discovery learning model. The method used in this study is an experiment with reference to posttest-only control design. The results shows that there is an influence in effectiveness of learning.  In the experiment group is higher than the control class. The student learning result is 93,33% in experiment class while control group is 60%, so it shows that learning using discovery learning model can improve learning outcomes. Students response to learning model of discovery learning is positive, with the result 52,22% very good, 41,11% good and 6,67% not good.

Penelitian eksperimen semu telah dilakukan di SMK-SPP Negeri Samarinda. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa Kelas XI SMK-SPP Negeri Samarinda dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model  discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen dengan merujuk pada posttest-only control design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efektivitas pembelajaran pada kelompok yang menggunaan model discovery learning, yaitu lebih tinggi dibanding dengan kelompok lain yang tidak menggunakan. Data hasil ketuntasan belajar siswa yang diperoleh adalah 93,33 % di kelompok eksperimen sedangkan di kelompok kontrol adalah 60 %, hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning  dapat meningkatkan hasil belajar. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran model discovery learning adalah positif dengan hasil 52,22 % sangat baik, 41,11 % baik dan 6,67 % tidak baik.


Keywords


experiment; discovery learning; effectiveness learning; learning outcomes; eksperimen; model pembelajaran discovery; efektivitas pembelajaran; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Handoko, A., Sajidan, S., & Maridi, M. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Inkuiri, 5(3), 144—154.

Jalil, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Refleksi edukatika, 6(2).

Mumpuni, K. E. (2013). Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter Dalam Pembelajaran Biologi di Indonesia. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 10, No. 2).

Muslich, M. (2008). KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dasar pemahaman dan pengembangan: Pedoman Bagi Pengelola Lembaga Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Sekolah, Dan Guru. Bumi Aksara.

Rahmi, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Treffinger terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Model Kuok Kecamatan Kuok (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model pembelajaran. Online), (http://smacepiring. wordpress. com).

Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 5(1).

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rosdiana Rosdiana, Didimus Tanah Boleng, Susilo Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License