PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET DAN VIDEO SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Lutfin Andyana Rehusisma, Sri Endah Indriwati, Endang Suarsini

Abstract


This study aims to develop learning media booklets and videos of clean and healthy life characters using the ADDIE model (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. The average percentage of booklet validation is 100% and the video is 96.89%. The result of validation by the media expert including the category is very valid. The result of the average practicality test booklet media is 98,90% and the video is 97,50% which is very valid category. The result of the large group test based on the paired T-test and the wilcoxon rank test showed the literate knowledge of the people in each kecamatan with p (0.00) <0.05, meaning that knowledge increased significantly, in the illiterate people in Kecamatan Bantur, p> 0.05 means knowledge Increased insignificantly, while in other sub-districts had a value of p <0.05 which means a significant increase.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran booklet dan video karakter hidup bersih dan sehat dengan menggunakan model ADDIE yaitu (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Persentase rata-rata validasi booklet sebesar 100% dan video sebesar 96,89%. Hasil validasi oleh ahli media termasuk kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan rata-rata media pembelajaran booklet sebesar 98,90% dan video sebesar 97,50% yang termasuk kategori sangat valid. Hasil uji kelompok besar berdasarkan hasil Uji-T berpasangan dan wilcoxon rank test menunjukkan pengetahuan masyarakat yang melek huruf pada setiap kecamatan dengan p (0.00) < 0.05, artinya pengetahuan meningkat secara signifikan, pada masyarakat buta huruf di Kecamatan Bantur diperoleh p > 0.05 artinya pengetahuan meningkat secara tidak signifikan, sedangkan pada kecamatan lain memiliki nilai p < 0.05 yang artinya mengalami peningkatan secara signifikan.


Keywords


video; booklet; character’; live clean and healthy; video; booklet; karakter; hidup bersih dan sehat

Full Text:

PDF

References


Adina, A. C., & Tudor, C. 2015. The Students` Emotional Life and Their Attitude toward Mathematics Learning. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 744—750.

Aeni, A. N. 2014. Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1 (1):50—58.

Ainiyah, N. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum 13 (1):25—38.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Sudjana.

Anderson, L., & Krathwohl, D. A. 2001. Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Benson, A., & Odera, F. 2013. Selection and use of Media in Teaching Kiswahili Language in Secondary

Schools in Kenya. International Journal of Information and Communication Technology Research, 3 (1):12—18.

Bino, P. G. D., Subashb, S., & Ramanathan, A. 2005. Concentration in Knowledge Output: A case of Economics Journals. Journal of Comparative Economics, 2 (2):261—279.

Efendi, F., & Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba

Ferdiana., Mimien Heni Irawati Al-Mudhar., & Suhadi. 2016. Pengembangan Booklet Program Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan Masyarakat di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online) 1 (7):1261—1264, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6527/2788, diakses 25 April 2017).

Hanib, M. T., Suhadi., & Sri Endah Indriwati. 2017. Penerapan Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan. (Online), 2 (1):22—31, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8381/4027, diakses 25 April 2017).

Ilham, M. J., Muakibatul Hasanah., & Yuni Pratiwi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Humaniora. (Online), 4 (3):121—131, (http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/8215/3761, diakses 25 April 2017).

Indriwati, S. E. 2015. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Nilai-Nilai Hidup Sehat Melalui Pemanfaatan Potensi Wanafarma Untuk Meningkatkan Mutu Kesehatan Masyarakat Miskin di Kabupaten Malang. Makalah di sajikan dalam International Conference on Ocean Environment and Ecotoxycology (ICOEE) 20—24 Oktober di Universitas Brawijaya, Malang.

Kementrian Kesehatan RI. 2011. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Online), (http://www.promkes.depkes.go.id/dl/pedoman_umum_PHBS.pdf, diakses 25 Mei 2016).

Ngure, G., Begi, N., Kimani, E., & Mweru, M. 2014. Utilization of Instructional Media for Quality Training in Pre-Primary School Teacher Training Colleges in Nairobi County, Kenya. Researchjournali’s Journal of Education, 2(2): 1-22

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2 (2):147—154.

Primavera, I. R. C., & Suwarna, I. P. 2014. Pengaruh Media Audio-Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 11 September 2014.

Purwanti, B. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3 (1):42—47.

Puspitasari, E., Sumarmi., Ach. Amirudin. 2016. Integrasi Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan. (Online) 1 (2):122—126, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6106/2568, diakses 25 April 2017).

Rachmah, H. 2013. Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1):7—14.

Samani, M., & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Rosdakarya: Bandung.

Satmoko, S., & Astuti, H.T. 2006. Pengaruh Bahasa Booklet Pada Peningkatan Pengetahuan Peternak Sapi Perah tentang Inseminasi Buatan di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Penyuluhan, 2 (2):78—82.

Suharyat, Y. 2009. Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Region, 1 (3):1—19.

Tze, P., & Chou, M. 2010. Attention drainage effect: How background music effects

Concentration in Taiwanese College Students. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 10 (1):36—46.

WHO & United Nation High Commissioner for Human Rights. 2008. The Right to Health. Geneva: Printed at United Nations.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Lutfin Andyana Rehusisma, Sri Endah Indriwati, Endang Suarsini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License