Effective Educational Animation: Is High-tech Delivery the Answer?

Y.G. Harto Pramono

Abstract


Artikel ini memaparkan penelitian eksplorasi tentang keefektivan animasi pembelajaran—low-tech dan high-tech—dalam menunjang pembelajaran prepositions bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini subjek menerima sejumlah kalimat bahasa Inggris sederhana dimana “motion preposition”-nya telah dihilangkan. Setiap kalimat disertai gambar animasi (low-tech atau high-tech) untuk mempresentasikan aspek gerakan dari motion preposition. Subjek diminta untuk melengkapi kalimat tersebut dengan motion preposition yang paling tepat dari 4 alternatif yang disediakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa high-tech animation secara intrinsik tidak lebih baik daripada low-tech animation. Temuan ini menunjukkan bahwa “kecanggihan alat teknologi” animasi tidak menjamin keefektivannya dalam menunjang pembelajaran; tetapi “desain” animasi (bukannya kecanggihan alat teknologinya) lebih menentukan keefektivan pembelajaran. Jadi, agar mampu menunjang pembelajaran, animasi harus didesain secara tepat, terlepas dari tingkat kecanggihan alat teknologi presentasinya.