The Influence of Learning Styles and Learning Strategies on the Reading Achievement of Persons Using English as a Foreign Language

Veronika L. Diptoadi, Susana Teopilus, Hendra Tedjasukmana

Abstract


Perubahan penekanan dari guru kepada murid dalam proses belajar-mengajar seharusnya memberi dorongan pada guru untuk lebih memperhatikan ciri-ciri pembelajar, salah satunya adalah gaya belajar yang meletakkan mereka dalam jajaran field dependence (FD) dan field independence (FI). Pembelajar dengan gaya belajar yang berbeda diperkirakan menggunakan strategi belajar yang berbeda pula dalam mengerjakan tugas apapun. Dengan tiga puluh subyek guru bahasa Inggris baik di tingkat SMU ataupun Perguruan Tinggi dalam suatu lokakarya, penelitian ini ingin mengetahui 2 hal yaitu (1) strategi membaca yang bagaimanakah yang dipakai oleh kelompok FI dan FD dalam memahami suatu bacaan, dan (2) sampai sejauh apakah strategi-strategi yang dipakai oleh kelompok FI dan kelompok FD mempengaruhi prestasi membaca mereka. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kelompok FI dan kelompok FD memang menggunakan strategi yang berbeda dalam memahami suatu bacaan, dan dalam hal prestasi membaca, dapatlah sementara ini disimpulkan bahwa kelompok FI memperoleh hasil yang lebih baik daripada kelompok FD.

Keywords


strategi belajar, gaya gelajar, “field independent”, “field dependent”