Studi Experimental Tentang Penggunaan Metode Paket Belajar bagi Siswa SMP di Kecamatan Klojen Kodya Malang

Sri Hartati

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya untuk mengadopsi dan mendifusikan suatu model pengembangan instruksional yang bersifat inovatif dan sebagai variasi penyampaian materi IPA di SMP. Populasinya adalah siswa 3 SMP Negeri di Kecamatan Klojen. Penentuan kelas eskperimen (XI) dan kelas kontrol (X2) dilakukan secara aposteori dengan melempar uang logam. Kelas eksperimen (X1) diberi perlakuan dengan metode Paket Belajar sebagai variabel bebas, sedang kelas kontrol (X2) diberi perlakuan secara konvensional. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah non randomized control group Pretest-Postest Design. Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Paket Belajar yang menggunakan metode konvensional. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara retensi siswa yang belajar dengan paket belajar dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional. Selanjutnya hipotesis diuji kebenarannya dengan menggunakan analisis kovarian satu jalur, dengan hasil Ho diterima untuk hipotesis I dan H1 diterima untuk hipotesis II.